Kajian strategi pemasaran es krim baltic: studi kasus di PT. Balticindo Javafood Jakarta
Abstract
Es krim merupakan salah satu produk yang disukai oleh masyarakat dengan nilai gizi tinggi, karena terbuat dari bahan dasar susu, yang mengutamakan rasa, harga dan kemasan. Dalam hal ini banyak perusahan yang tertarik mengembangkan produk tersebut, diantaranya PT. Balticindo Jayafood yang mampu memasarkan 3.000 l es krim per minggu, sementara kemampuan produksi dapat mencapai 6.000 l es krim per minggu. Tujuan kajian (a) menganalisis faktor-faktor internal dan eksternal yang mempengaruhi proses pengambilan keputusan dalam menerapkan strategi pemasaran, (b) menyusun strategi pemasaran di masa mendatang dalam rangka pengembangan industri es krim Baltic, (c) memberikan rekomendasi strategi pemasaran es krim kepada PT Balticindo Jayafood. Lokasi penelitian dilakukan di daerah Kramat Raya dan sekitarnya. Obyek kajian dan respondennya adalah konsumen yang melakukan pembelian komoditas es krim Baltic dan es krim pesaing sejenis (Campina dan Walls). Data yang diperoleh dalam kajian ini berasal dari hasil wawancara dan pengisian kuesioner dari konsumen berjumlah 80 orang, terdiri dari 40 konsumen dari outlet es krim Baltic, 20 konsumen dari outlet es krim Campina dan 20 konsumen dari outlet es krim Walls. Penelitian ini menggunakan metode analisis model atribut Fishbein, analisis hubungan dua variabel (Crosstabs) serta uji validitas dan reliabilitas.
Collections
- MT - Professional Master [886]