Studi tentang Desain dan Konstruksi Perahu Compreng di Daerah Kabupaten Cirebon
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah mempelajari desain dan konstruksi perahu compreng serta memberikan alternatif pengembangannya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi kasus. Dari hasil perhitungan didapatkan bahwa nilai rasio dimensi utama dari perahu yang diteliti adalah : L/B = 3,95; L/D = 11,76 dan B/D = 2,97. Nilai coefficient of fineness masing-masing adalah : Cb = 0,4646; Cw = 0,6269; Cp = 0,5788; Cm = 0,8026 dan Cvp = 0,7411. Dari nilai-nilai koefisien tersebut dapat dikatakan bahwa bentuk perahu compreng sangat ramping (fine type). Bentuk bagian haluan dan buritan adalah tipe V, sedangkan di bagian tengah cenderung berbentuk bulatan (round bottom). Dilihat dari nilai perbandingan B/D yang cukup besar dan nilai GM = 0,3393, maka dapat dikatakan bahwa stabilitas perahu compreng ini dalam keadaan baik. Tenaga penggerak yang digunakan adalah motor tempel (outboard motor), yang berkekuatan 5-7 PK. Mesin tersebut dapat menghasilkan kecepatan sebesar 5,17 sampai 5,78 knot.