Studi Perbandingan Penggunaan Flipchart dan Flanelgrap dalam Pendidikan Gizi di Sekolah Dasar (Studi Kasus di SD Negeri 2 Teladan Kotamadya Bandar Lampung, Propinsi Lampung)
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan alat peraga flipchart dan flanelgraf terhadap skor pengetahuan gizi dan sikap gizi murid. Penelitian dilaksanakan di SD Negeri 2 Teladan Kotamadya Bandar Lampung, Propinsi Lampung. Waktu penelitian berlangsung selama 3 minggu pada bulan November 1992. Penarikan contoh dilakukan dengan memilih secara acak tiga kelas paralel yang akan digunakan dalam penelitian. Dari ketiga kelas ditentukan secara acak kelas yang berfungsi sebagai kelompok eksperimen dengan alat peraga papan tulis dan flipchart (El), kelompok dengan alat peraga papan tulis dan flanelgraf (E2), dan kelompok pengendali dengan alat peraga papan tulis (P). Jumlah contoh pada El, E2, dan P berturut-turut 53, 52, dan 47 orang. Rancangan yang digunakan adalah rancangan eksperimen semu dengan mengadakan prates sebelum pengajaran dan pascates setelah pengajaran (Ary, Jacob, & Razavieh, 1982). Untuk mengetahui pengaruh perlakuan terhadap skor pengetahuan gizi dan sikap gizi dilakukan analisis statistik kovarian (Sudjana, 1990) .