Faktor-faktor yang Mempengaruhi perilaku Ibu dalam Pemilihan Tempat Berbelanja (Studi Kasus di Kompleks Perubahan Margahayu Raya, Kelurahan Margasari, Kecamatan Margacinta, Kotamadya Bandung, Propinsi Jawa Barat)
Abstract
Secara umum penelitian ini bertujuan untuk mempelajari faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku ibu rumah tangga, khususnya ibu bekerja dan ibu tidak bekerja dalam pemilihan tempat berbelanja, mempelajari pengaruh faktorfaktor internal (umur, besar keluarga, alokasi waktu ibu, pendidikan ibu dan kepala keluarga serta pendapatan/kapita) dan faktor-faktor eksternal (karakteristik pasar: harga barang, keragaman jenis barang, kualitas barang, pelayanan, suasana pasar dan kemudahan transportasi) terhadap perilaku ibu dalam pemilihan tempat berbelanja. Penelitian dilaksanakan di Kompleks Perumahan Margahayu Raya, Kelurahan Margasari, Kecamatan Margacinta, Kotamadya Bandung, Propinsi Jawa Barat, dilakukan selama 3 bulan dari bulan Oktober sampai dengan bulan Desember 1993. Data yang dikumpulkan merupakan data primer yang diperoleh melalui wawancara dengan menggunakan kuesioner, sedangkan data sekunder didapat dari Kantor Departemen Perdagangan Kotamadya Bandung dan Kantor Kelurahan Margahayu.