Pengembangan produk Flakes Berbasis Tepung Talas (Taroflakes) dan strategi Pemasarannya
Date
2008Author
Priyanka Prima D.
Utami, Nur Annisa
Fitriyah
Bintang
Rina B.
Metadata
Show full item recordAbstract
Saat ini manusia rnenuntut kepraktisan dalam segala hal, salah satunya adalah sarapan pagi dalam bentuk flakes. Flakes disajikan dengan hanya rnenambahkan susu namun cukup untuk memenuhi kebutuhan energi. Flakes yang beredar dipasaran sekarang masih belum dapat dijangkau oleh rnasyarakat menengah ke bawah, oleh karena itu produk Taroflakes dikernbangkan. Taroflakes adalah produk flakes berbasis talas. Talas digunakan sebagai bahan baku dikarenakan kandungan karbohidratnya yang tinggi serta berserat tinggi. Selma ini talas hanya dijual dalam bentuk mentah, k ~ e n aol ehan talas rnasih belum berkernbang luas. Hal ini tentu tidak meningkatkan Nlai ekonorni talas. Pengembangan taroflakes ditujukan untuk meningkatkan nilai tambah tala dalam upaya diversifikasi pangan non beras. Karena Tarofakes rnempakan produk bam, sehingga diperlukan suatu kajian mengenai strategi pemasarannya untuk memperoleh gambaran mengenai peluang b i s ~ s Taroflakes serta mernperoleh cara-cara yang tepat untuk rnemasarkannya. Metode dalam melaksanakan program ini meliputi formulasi, produksi, pemasaran dan evalusi. Target pemasaran produk adalah rnahasiswa, dan rnasyarakat umum, serta sentra oleh-oleh kota bogor (pariwisata). Penjualan di sentra oleh-oleh, yang dilakukan adalah dalam kemasan minimal 100 g dengan hargajual Rp. 2.500,00, sedangkan untuk kemasan sekali penyajian yakni 30 g dijual dengan harga Rp. 1.000,OO. Harga tersebut sudah dapat rnenutupi BEP (Break Event Point), sehingga Taroflakes dapat memenuhi kebutuhan pasar akan flakes yang rnurah.
Collections
- PKM - Kewirausahaan [439]