Analisis Sikap dan Perilaku Konsumen Terhadap Coffee Shop De Koffie – Pot Bogor
Abstract
Coffee shop sebagai salah satu jenis restoran dipandang sebagai salah satu tempat yang mampu mewakili gaya hidup serta kelas sosial sebagian dari masyarakat perkotaan. Coffee shop biasanya dimanfaatkan sebagai tempat berkumpul dan bersantai bersama teman dan keluarga diakhir pekan atau sekedar untuk melepas kepenatan dari rutinitas sehari-hari. Kalangan eksekutif dan profesional umumnya memanfaatkan tempat ini sebagai alternatif tempat untuk menjamu rekan bisnis dan kolega dalam pertemuan yang bersifat informal. Perilaku mendatangi gerai coffee shop ini pun terjadi di Kota Bogor. De Koffie – Pot dan De Planters merupakan coffee shop di Kota Bogor yang letaknya berdekatan. Variasi menu minuman kopi dan fasilitas yang ditawarkan membuat konsumen lebih selektif dalam mengambil keputusan pembelian. Keistimewaan masing-masing coffee shop merupakan daya tarik yang membuat konsumen ingin mencoba, dimana dengan mencoba maka konsumen akan mempunyai kesan terhadap tempat tersebut. Derajat kesukaan konsumen diperoleh dari pengalaman terhadap atribut produk dan atribut coffee shop yang dapat berpengaruh kuat terhadap preferensi. Oleh karena itu, pelaku bisnis coffee shop yang bisa menerjemahkan keinginan konsumen ini akan mampu bertahan dan bersaing diantara sesama coffee shop. Tujuan dari penelitian ini adalah: 1). Membandingkan karakteristik konsumen coffee shop De Koffie – Pot dan De Planters, 2). Menganalisis sikap dan preferensi konsumen terhadap atribut produk coffee shop De Koffie – Pot, 3). Mengkaji faktor-faktor yang membedakan karakteristik konsumen yang berkunjung ke De Koffie – Pot dan De Planters.
Collections
- UT - Agribusiness [4553]