Strategi Pemasaran Karet (Kasus PT Perkebunan XI, Jakarta)
Abstract
Tujuan Penelitian ini ialah mengetahui Strategi Pemasaran Karet yang dilaksanakan oleh PT Perkebunan XI. Jajaran Produk Karet Perusahaan terdiri dari lima belas macam produk. Dua merek yang menonjol (SIR 10, RSS I), menanggung 88 persen dari seluruh penjualan dan kurang mempunyai potensi untuk berkembang. Penjualan Karet, produk-produk PTP XI, dilakukan oleh Kantor Pemasaran Bersama (KPB) Perkebunan Jawa Barat dan Sumatera Selatan. KPB menjual karetnya kepada konsurren melalui agen pembeli atau juga agen penjual (lndoham). . Sedangkan untuk penjualan lokal, pembeli menghubungi langsung ke PTP I XI. Penetapan Harga Karet dilaksanakan oleh KPB, dengan I sistim Tender, para pembeli menawar dengan meqgunakan.sampul tertutup.