Analisis kepuasan konsumen terhadap restoran etnik khas timur tengah restoran ali baba, kota Bogor
Abstract
Perkembangan industri makanan di Indonesia dalam beberapa tahun terakhir mengalami peningkatan. Salah satu industri makanan yang mengalami perkembangan pesat adalah restoran. Restoran Ali Baba merupakan salah satu restoran etnik yang menawarkan makanan khas ala Timur Tengah. Restoran ini merupakan restoran baru yang siap berkembang. Selama lebih dari dua tahun beroperasi jumlah pengunjung dan penerimaan yang diharapkan belum memenuhi target yang diharapkan. Tingginya persaingan bisnis yang dihadapi restoran Ali Baba menuntut manajemen agar memahami kondisi pasar yang ada. Salah satu cara memahani kondisi pasar adalah melihat perilaku konsumen, karena konsumen adalah sasaran utama dari produk dan jasa yang ditawarkan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis karakteristik konsumen restoran Ali Baba, menganalisis proses keputusan pembelian dan tingkat kepuasan konsumen terhadap produk restoran Ali Baba serta memberikan rekomendasi implikasi manajerial yang dapat dilakukan oleh restoran Ali Baba. Penelitian ini dilaksanakan di Restoran Ali Baba, yang terletak di Jl. Pajajaran No.13 Kota Bogor Jawa Barat. Pengambilan data dilakukan pada bulan Oktober sampai pertengahan bulan November 2009. Data yang diperlukan dalam penelitian berupa data primer dan data sekunder. Penarikan sampel dilakukan dengan metode convenience sampling, yaitu sampel berdasarkan kemudahan dan kenyamanan untuk mendapatkannya. Jumlah responden yang diambil adalah 90 orang. Metode analisis yang digunakan pada penelitian ini adalah metode deskriptif, Customer Satisfaction Index (CSI), dan Importance Performance Analysis (IPA
Collections
- UT - Agribusiness [4247]