Analisis Strategi Pengembangan Usaha Pewaralaba (Franchiser) Your Tea Di Bogor Jawa Barat.
Abstract
Di Indonesia teh dikonsumsi baik disektor rumah tangga maupun bukan sektor rumah tangga seperti hotel, restoran, rumah makan, kantin dan kedai minuman. Indonesia sudah cukup lama dikenal sebagai Negara penghasil teh yang cukup besar di dunia. Namun tingkat konsumsi teh bagi masyarakat Indonesia masih tergolong rendah dibandingkan negara-negara produsen teh dunia lainnya, seperti India dan Srilangka. Pertambahan jumlah penduduk, meyebabkan total konsumsi juga meningkat, tetapi konsumsi teh perkapita tidak menunjukkan peningkatan yang terlalu besar per kapita pertahun (BPS, 2009). Dewasa ini mulai banyak bermunculan waralaba (franchise), salah satu perusahaan yang bergerak di bidang waralaba (Franchise) minuman teh cepat saji dalam kemasan adalah PT Semestaguna Food & Beverage dengan brand Your Tea. Perusahaan ini melakukan pengembangan usaha dengan membuat waralaba (Franchise) minuman cepat saji teh Your Tea. Perusahaan membuat usaha tersebut karena minat masyarakat untuk mengkonsumsi teh dalam bentuk minuman cepat saji cukup besar, serta peluang pasar yang masih potensial. Jumlah perusahaan yang menjadi pesaing perusahaan yang bergerak dibidang waralaba (franchise) minuman cepat saji teh adalah Good Tea, Teh Poci, Teh Upet, Teh Saring, Teh 2 Tang dan Tas Tea. Agar mampu bersaing, perusahaan menerapkan strategi yang dapat meraih pasar. Tujuan penelitian adalah sebagai berikut: 1). Menganalisis faktor-faktor lingkungan eksternal dan internal apa saja yang mempengaruhi pengembangan usaha pewaralaba (franchise) PT Semestaguna Food & Beverage Your Tea, 2). Menganalisis strategi yang paling baik untuk diterapkan pewaralaba (franchise) Your Tea.
Collections
- UT - Agribusiness [4611]