Analisis kepuasan dan loyalitas konsumen moci kaswari lampion kota Sukabumi
Abstract
Sukabumi adalah salah satu kota dengan tingkat pertumbuhan penduduk yang tinggi yaitu sebesar delapan persen pada periode tahun 2004-2007. Dengan lokasi yang strategis, dimana Sukabumi terletak diantara dua kota besar yaitu Jakarta dan Bandung menjadikan Kota Sukabumi sebagai peluang bisnis yang sangat potensial. Salah satu peluang usaha yang dapat dikembangkan adalah usaha pengolahan makanan baik yang masih bersifat tradisional maupun yang sudah modern, karena kebutuhan manusia akan makanan senantiasa bertambah sepanjang waktu. Di Sukabumi ada beberapa usaha makanan yang layak untuk dikembangkan, salah satunya adalah usaha pembuatan moci. Moci merupakan salah satu produk khas Kota Sukabumi yang telah cukup dikenal masyarakat baik dari dalam kota maupun luar kota Sukabumi. PD Kaswari Lampion merupakan pelopor berkembangnya moci di kota Sukabumi. Di tengah menjamurnya aneka macam makanan hasil olahan modern, perusahaan ini menawarkan produk khas kota Sukabumi yaitu moci dengan beragam aroma yang ditawarkan. Namun seiring perkembangan usaha, mulai bermunculan pelaku usaha sejenis yang bergerak dalam usaha moci. Penambahan pelaku usaha moci ini mengancam kegiatan usaha PD Kaswari Lampion dari segi penjualan dan perebutan pangsa pasar. Kondisi ini perlu ditanggapi secara serius, salah satunya dengan melakukan strategi pemasaran berdasarkan hasil survei kepuasan konsumen.
Collections
- UT - Agribusiness [4256]