Analisis Strategi Pemasaran Nata de Coco pada CV. Awal Lestari Jaya, Cimahpar, Kotamadya Bogor, Jawa Barat
Abstract
Pertumbuhan ekonomi Indonesia saat ini tidak dapat dipisahkan dari semakin meningkatnya peranan sektor industri pengolahan pertanian, yang lebih dikenal dengan Agroindustri. Meningkatnya permintaan akan produk jadi telah mendorong peranan sektor industri pengolahan pertanian menjadi peringkat pertama dalam membentuk POB sejak tahun 1991. Pembentukan POB sektor-sektor industri pengolahan didominasi oleh subsektor industri makanan, minuman dan tembakau. Peranan subsektor makanan dan minuman yang besar terhadap POB dikarenakan adanya pola konsumsi masyarakat yang semakin beragam sehingga sangat berpengaruh terhadap membanjirnya produk makanan termasuk nata de coco. Pola konst''.11si terhadap nata de coco dan potensi pasarnya mempunyai prospek cerah. Oampak yang ditimbulkan dari membanjirnya perusahaan dalam industri nata de coco adalah terjadinya persaingan yang tajam antara CV. Awal Lestari Jaya dengan industri sejenis dalam memperebutkan konsumen dan mendapatkan bahan baku. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengkaji gambaran umum perusahaan, menganalisis faktor-faktor internal dan eksternal perusahaan serta menyusun alternatif strategi pemasaran dalam upaya mempertahankan dan meningkatkan posisi perusahaan.

