Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Sayuran Hidroponik Di PT Hero Supermarket Cabang Pajajaran Bogor
Abstract
Peningkatan pendapatan per kapita dan perubahan pada berbagai faktor social ekonomi serta kependudukan akan mempengaruhi perubahan tingkat dan pola konsumsi masyarakat secara umum. Termasuk di dalamnya pola konsumsi pangan, khususnya untuk komoditas hortikultura (sayuran dan buah-buahan), dimana perubahan tersebut ditunjukkan dengan adanya pengalihan konsumsi pangan sumber karbohidrat ke makanan yang kaya akan vitamin, mineral, dan serat. Hal ini menyebabkan kebutuhan sayuran cenderung meningkat dari tahun ke tahun, sementara pertanian konvensional (bercocok tanam di atas tanah) belum mampu memenuhi permintaan sayuran dalam negeri. Pembudidayaan secara hidroponik merupakan alternatif yang dapat ditempuh karena dapat menghasilkan produk dengan kualitas tinggi secara kontinu. Permasalahan yang dirumuskan dalam penelitian ini adalah : (1) bagaimana proses keputusan pembelian sayuran hidroponik yang dilakukan oleh konsumen, (2) faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi proses keputusan pembelian tersebut, (3) dan bagaimana implikasi studi perilaku konsumen terhadap strategi pemasaran sayuran hidroponik.
Collections
- UT - Agribusiness [4618]