Analisis Strategi Pemasaran Mebel Kayu Pada CV. Permata 7 Di Kabupaten Wonogiri
Abstract
Industri mebel kayu merupakan industri agribisnis yang berasal dari industri kerajinan tangan yang kemudian menjadi industri yang besar. Industri ini bergerak dalam mengolah bahan alami tumbuhan menjadi sebuah komoditi yang mempunyai nilai tambah dan dapat diperdagangkan, bahkan untuk mendapat devisa bagi negara. Diantara sekian banyak daerah penghasil mebel kayu, Kabupaten Wonogiri adalah salah satu daerah di Jawa Tengah yang ikut menyumbangkan devisa negara melalui ekspor mebe! kayu. CV. Permata 7 merupakan perusahaan mebel yang menggarap pasar luar negen (ekspor). Namun perusahaan ini masih dihadapkan pada permasalahan seperti penentuan dan penetapan strategi pemasaran yang tepat guna menghadapi lingkungan yang selalu berubah dan semakin kompetltif . CV. Permata 7 hams mampu membuat 'suatu pereneanaan yang menyeluruh, terintegrasi dan komprehensif untuk dijadikan pedoman bagi pereneanaan fungsi-fungsi operasional perusahaan.