Analisia strategi bisnis kerajinan cangkang mollusca di PT. Kharisma Surya Lestari, Cileungsi, Bogor, Jawa Barat
Abstract
nalisis strategi bisnis kerajinan cangkang mollusca pada dasarnya adalah merumuskan suatu alternatif strategi bisnis yang paling tepat yang dapat dilakukan oleh PT Kharisma Surya Lestari pada masa yang akan datang dalam melakukan kegiatan bisnisnya yaitu bisnis kerajinan cangkang mollusca. Strategi bisnis ini penting karena perusahaan selain memiliki kekuatan dan kelemahan juga menghadapi peluang dan ancaman yang mempengaruhi kegiatan bisnisnya. Untuk merumuskan suatu alternatif strategi bisnis dilakukan dengan menggunakan analisis SWOT yang meliputi matriks IFE, EFE, SWOT dan matriks QSPM untuk menentukan alternatif strategi bisnis prioritas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran umum perusahaan, mengidentifikasi dan menganalisis kekuatan dan kelemahan yang dimiliki serta peluang dan ancaman yang dihadapi perusahaan dan menganalisis alternatif strategi bisnis yang menjadi prioritas perusahaan pada masa yang akan datang. Hasil penelitian menunjukan bahwa PT Kharisma Surya Lestari memiliki 6 kekuatan dan 7 kelemahan serta menghadapi 9 peluang dan 8 ancaman. Hasil analisis SWOT dapat dirumuskan 3 alternatif strategi bisnis prioritas yang dapat diterapkan oleh perusahaan pada masa yang akan datang yaitu melakukan ekspansi pasar baik nasional (luar Jabotabek) maupun internasional, meningkatkan produktivitas perusahaan dengan melakukan pengelolaan dan pemanfaatan suinberdaya yang ada secara efektif, dan meningkatkan kegiatan ekspor ke negara Jepang.