Strategi Pemasaran Ikan Hias Melalui Media Internet Pada PT. Harlequln Aquatics
Abstract
Perkembangan teknologi teiah membawa pengaruh dalam penggunaan internet sebagai media pemasaran produk. Penggunaan internet merupakan strategi pemasaran yang dapat digunakan perusahaan. Dalam menghadapi arus globalisasi serta perubahan-perubahan yang kerap terjadi, perusahaan diharuskan untuk dapat memformulasikan alternatif strategi pemasaran pasca penggunaan internet. PT Harlequin Aquatics telah menggunakan internet sebagai media promosi sejak awal pengoperasiannya. Analisis yang digunakan adalah analisis kualitatif dan kuantitatif, dimana pada kualitatif akan dilakuan tiga analisis yaicu analisis SWGT, BCG, seita Internal Eksternal. Pada analisis kuantitatif, akan dibahas pangsa pasar relatif, pangsa pasar, serta laju pertumbuhan pasar. Melalui analisis yang dilakukan, diperoleh alternatif strategi pemasaran pasca penggunaan media internet. Melalui analisis SWOT dihasilkan alternatif strategi peningkatan pangsa pasar, melakukan kontrol kualitas terhadap produk yang masuk dari pemasok, . melakukan kegiatan promosi yang gencar, serta menjaga hubungan baik dengan pemasok. Posisi komoditas ikan hias air tawar berada pada kuadran IV dengan skor total faktor eksternal sebesar 2,609 dan skor total faktor internal sebesar 3,021. Komoditas tanaman hias memiliki skor total faktor eksternal dan internal sebesar 2,777 dan 3,23 ], posisi komoditas tanaman hias berada pada kuadran IV. Alternatif strategi yang dapat dijalankan adalah Penetrasi pasar, pengembangan produk, serta integrasi kebelakang. Pada analisis BCG, dihasilkan nilai pangsa pasar relatif perusahaan sebesar 0,23 dengan laju pertumbuhan pasar sebesar 68 %, sedangkan perusahaan pesaing memiliki nilai pangsa pasar sebesar 4,2 dengan laju pertumbuhan pasar sebesar 38 %. Posisi perusahaan berdasarkan analisis BCG adalah question marks, perusahaan pesaing adalah stars. Sehingga alternatif strategi yang dihasilkan adalah penetrasi pasar dan pengembangan produk. Alternatif strategi pemasaran pasca penggunaan internet yang dapat dijalankan oleh perusahaan adalah strategi penetrasi pasar, strategi pengembangan produk, strategi integrasi ke belakang. Perusahaan perlu melakukan kontrol kualitas terhadap produk yang masuk dari pemasok, membentuk divisi penelitian dan pengembangan. Pada jangka pendek perusahaan dapat memprioritaskan komoditas tanaman hias, tetapi unutk jangka panjang perusahaan harus tetap memprioritaskan komoditas ikan hias air tawar.