Gambaran Tingkat Pendidikan Guru Pada Jenjang Pendidikan Menengah Di Indonesia
Abstract
Peningkatan mutu di bidang pendidikan merupakan salab satu cara untuk menjadikan sumberdaya manusia yang bermutu. Rendalmya kualitas sumberdaya manusia merupakan masalab yang dil13dapi Indonesia pada era pernbangunan nasional. Profesionalisme gum adalab aspek yang memiliki peranan penting dalam proses pendidikan. Tingkat pendidikan gum merupakan salah satu indikator profesionalisme tenaga pendidik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran serta karakteristik tingkat pendidikan guru pada berbagai jenjang pendidikan di wilayab propinsi di Indonesia. Data yang digunakan adalab data tingkat pendidikan guru SLTP, SMU, SMK. Data berasal dari kuesioner nasional tahun 2000 yang dilaksanakan oleh Direktorat Tenaga Kependidikan, Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengab Departemen Pendidikan Nasional. Hasil analisis menunjukkan babwa guru yang berpendidikan di bawab standar yang ditetapkan pemerintab cukup tinggi yaitu 64,09% untuk SLTP, 61,5% untuk SMU dan ';10,14% untuk SMK. Biplot tingkat pendidikan guru untuk setiap jenjang pendidikan dapat memisabkan propinsi-propinsi berdasarkan keadaan tingkat pendidikan gurunya, yaitu yang kurang baik dan cukup baik. Secara umum propinsi DKl Jakarta, Jawa Timur dan Jambi memiliki keadaan tingkat pendidikan guru yang baik untuk setiap jenjang pendidikan, sedangkan propinsi Maluku, Kalimantan Barat dan Sulawesi Tenggara perlu lebih mendap'" perhatian serius dari pemerintah dalam hal tingkat pendidikan guru, karena memiliki persentase yang sangat tinggi untuk guru yang berpendidikan di bawah standar yang ditetapkan pemerintab. Selain itu dari hasil analisis biplot ada indikasi bahwa tingkat pendidikan guru yang berada di Indonesia bagian barat lebih baik dibandingkan Indonesia bagian timur.