Segmentasi Stasiun Televisi Swasta Berdasarkan Karakteristik Demografi Pemirsanya Nila Meita Sari
Abstract
Media televisi adalah sarana pilihan utama pengiklan untuk mempromosikan produknya dibandingkan sarana lain. Dalam memasarkan produknya pengiklan dihadapkan dengan pilihan slasiun televisi yang resmi mengudara saat ini. Stasiun televisi yang dipilih harus sesuai dengan target pasar produknya. Oleh karena itu diperlukan informasi tentang positioning dan segmen pemirsa televisi tersebut. Hasil analisis biplot yang digunakan memperlillatkan bahwa slasiun ReT!, serv, Indosiar Visual Mandiri (lVM) dan TPI mempunyai segmentasi yang sama, dilihat dar! posisi yang berdekatan. Keempat stasiun di atas tersegmentasi pada perempuan, kelompok usia lima sampai 24 taIlun, bukan pemilik kartu kredit dan asuransi, pengeluaran per bulan 250 ribu sampai 700 ribu, berpendidikan dasar dan non fomlal, pekerjaan sebagai buruh. ibu rumah tangga, dan tidak bekeIja. Sedangkan ANTeve tidak clapat dijelaskan posisinya, dilihat dari tidak ada peubah yang mengarah pada obyek ini. Hal ini disebabkan oleh kumngnya minat pemirsa unluk menonlon program acara ANTeve. Unluk METRO TV didekati oleh pcubah pria, kclompok usia di alas 25 tallun, pemilik karlu kredit dan asuransi, pengeluaran di alas 700 ribu, berpendidikan tinggi, pekerjaan sebagai profesional eL'Ul pelajar. Pada weekdays dan weekends jam 24.00 sampai 02.00 didekati oleh peubah pria, usia 25 tahun ke atas, pekerjaan profesional, buruh, dan tidak bekerja. Weekdays jam 12.00 sampai 15.00, weekdays dan weekends jam 18.00 sampai 24.00 didekali oleh peubah perempuan dan ibu rumall tangga, kelompok usia lima sampai 14 Ialmn, bukan pemilik kartu kredit, berpendidikan eL1sar, pengeluaran per bulan kurang dar! 250 ribu, dan pelajar. Weekends jam 06.00 sampai 12.00 didekati peubah bukan pemilik kartu kredit dan asuransi, kelompok llsia lima sampai 14 tahun, berpendidikan sekolah dasar dan non formal. Weekdays 08.00 sampai 18.00 dan weekends 12.00 smnpai 15.00 adalall kelompok usia 15 sampai 24 taImll, bukan pemilik asuransi, pengeluaran per bulan 250 ribu smnpai 700 ribu.