Analisis pengambilan keputusan strategi bauran pemasaran rokok alami special 2000 Untuk segmen petani di kabupaten Trenggalek Propinsi Jawa
Abstract
Sektor pertanian hendaknya dijadikan tulang punggung perekonomian Indonesia. Dalam upaya pembangunan pertanian tidak terlepas dari konsep agribisnis. Subsektor pertanian yang mempunyai peranan yang cukup besar dalam bidang industri adalah subsektor perkebunan. Salah satu hasil perkebunan yang diolah oleh sektor industri adalah perkebunan tembakau dan cengkeh. Hasil perkebunan ini digunakan sebagai bahan baku pembuatan rokok kretek. Perkembangan industri ini tumbuh dengan pesat. Hal ini dibuktikan dengan meningkatnya jumlah pabrik rokok yang beroperasi di Indonesia. Hingga tahun 2003, jumlah pabrik rokok yang ada di Indonesia mencapai 836 perusahaan. Persaingan yang semakin tajam dalarn industri rokok kretek di Indonesia menuntut setiap produsen untuk melaksanakan strategi, khususnya strategi dalam bidang pemasaran.