Pola Hubungan Produksi dan Periiaku Pemasaran pada Industri Kecil Tapioka di Pedesaan (Studi Kasus Sentra Industri Kecil Tapioka Kasar di Kampung Tarikolot, Desa Ciluar, Kecamatan Bogor Utara, Kotamadya Bogor, Propinsi Jawa Barat).
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pola hubungan produksi (dalam ha1 hubungan ketenagakerjaan, pengadaan modal dan bahan baku), perilaku pemasaran, kaitan pola hubungan produksi dengan perilaku pemasaran, serta kaitan pola hubungan produksi dan intervensi pemerintah pada industri kecil tapioka di pedesaan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif Strategi penelitian kualitatif yang digunakan adalah studi kasus. Subjek kasus penelitian dipilih dengan cara snowballing, yaitu mengalur mulai dengan wawancara dengan Pak Jais yang dikenal sebagai tokoh masyarakat Tarikolot, sekaligus yang paling lama menjadi pengusaha tapioka kasar. Kemudian, dari subjek kasus ini dicari subjek kasus lain sesuai dengan data yang dibutuhkan. Informan yang diwawancarai, yakni pekerja industri kecil, petugas Koptar, pedagang tapioka, aparat pemerintahan Desa Ciluar dan tokoh masyarakat yang mengerti isu permasalahan.