Kajian strategi Pemasaran Air Minum dalam Kemasan PT. Indevinas Andalas
Abstract
Industri AMDK di Indonesia merupakan salah satu industri yang dinilai mempunyai peluang bisnis yang baik. Faktor-faktor yang mendukung perkembangan industri inipun cukup banyak di miliki. Akibatnya banyak perusahaan yang berada dalam industri ini, hal ini menimbulkan persaingan dalam industri cukup tinggi. Kondisi inilah yang memaksa perusahaan untuk bekelja pada kondisi yang efektif dan efisien agar perusahaan tetap bertahan. Iujuan dari penelitian ini adalah mengetahui strategi pemasaran dan daya saing PI IA, merumuskan alternatif strategi kbususnya dalam bidang pemasaran untuk menghadapi persaingan dalam industri. Penelitian ini dilaksanakan pada PI Indevinas Andalas yang merupakan perusahaan yang memproduksi AMDK dengan wilayah pemasaran Sumatera Barat dan Riau. Data yang digunakan adalah data primer dan sekunder dengan metode analisis menggunakan konsep manajemen strategi dan manajemen pemasaran. Strategi pemasaran yang paling dominan diterapkan oleh PI IA adalah strategi produk dan strategi harga. Dalam strategi produk PT IA menawarkan produk berkualitas lebih bagus dari pada saingannya, sedangkan dalam strategi harga menggunakan metode going rate pricing atau penetapan harga yang mengikuti harga pasar yang ada dan disesuaikan dengan biaya produksi. Daya saing PI IA sangat lemah terhadap saingan-saingannya. Faktor internal perusahaan berada dibawah kontrol perusahaan, meliputi sumberdaya yang dimiliki perusahaan (manusia, modal dan teknologi ), struktur perusahaan dan budaya perusahaan. Faktor-faktor eksternal lingkungan terdiri dari lingkungan makro, lingkungan mikro dan lingkungan industri Identifikasi faktor-faktor yang menjadi kekuatan dan kelemahan, peluang dan ancaman pemasaran AMDK melalui analisis lingkungan perusahaan yang terdiri dari lingkungan internal dan eksternal. Sedangkan penetapan strategi pemasaran dilakukan dengan rnengacu pada hasil analisis SWOT perusahaan. Berdasarkan anal isis SWOT diperoleh hasil bahwa faktor-faktor yang menjadi kekuatan perusahaan berasal dari lokasi, sumberdaya produksi dan pemasaran, dan kelemahan berasal dari struktur organisasi perusahaan, sumberdaya keuangan, personalia pemasaran dan keuangan dan penelitian dan pengembangan.Sedangkan peluang dan ancaman berasal dari lingkungan makro, lingkungan mikro dan lingklmgan industri Beberapa alternatif strategi dihasilkan dari matriks SWOT. Alternatif Strategi pemasaran yang paling dominan adalah mempertahankan kepercayaan konsumen dengan terus menjaga mutu produk untuk mempertahankan pelanggan yang ada dan menarik pelanggan potensial, memanfaatkan semua keunggulan komparatif dalam kekuatan untuk meningkatkan daya saing perusahaan dalam industri.