Hubungan Antara Persepsi Remaja Putri Terhadap Citra Perempuan Cantik Dalam Iklan Kosmetik di Televisi dengan Penggunaan Produk Kosmetik oleh Remaja Putri (Kasus SMUN 1 Bogor, Kota Bogor, Provinsi Jawa Barat).
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh maraknya tayangan iklan di televisi sebagai salah satu bentuk promosi yang dilakukan olah para produsen dalam rangka memperkenalkan dan mempertahankan merek atas produk-produk yang mereka keluarkan khususnya produk kosmetik kepada masyarakat. Salah satu bentuk iklan yang seringkali ditemui di televisi adalah iklan produk kosmetik yang banyak menampilkan model perempuan sebagai representasi produk mereka. Penelitian mengenai citra penampilan fisik perempuan dalam iklan di televisi mengacu pada pengukuhan pencitraan penampilan fisik yang dianggap ideal dalam masyarakat yaitu memiliki kriteria Caucasian, seperti tubuh langsing, tinggi, berkulit putih, berambut panjang dan lurus. Pencitraan perempuan seperti itu menjadi symbolic annihilation atau penghancuran simbolik khususnya bagi perempuan yang secara lahiriah tidak memiliki kriteria-kriteria tersebut. Kriteria-kriteria seperti tubuh langsing, berkulit putih, dan berambut panjang menjadi acuan-acuan pengkategorian tentang citra-citra penampilan fisik perempuan dalam iklan di televisi, yang digunakan dalam penelitian ini.