View Item 
      •   IPB Repository
      • Dissertations and Theses
      • Master Theses
      • MT - Business
      • View Item
      •   IPB Repository
      • Dissertations and Theses
      • Master Theses
      • MT - Business
      • View Item
      JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

      Kajian Determinan Niat Penggunaan Tokopedia Untuk Berbelanja Produk Ukm Agribisnis (Studi Kasus: Toko Laurike)

      Thumbnail
      View/Open
      full text (1.473Mb)
      Date
      2019
      Author
      Manalu, Lufebrina Dorma Uli
      Hermadi, Irman
      Ratono, Joko
      Metadata
      Show full item record
      Abstract
      Perekonomian Indonesia didominasi oleh kelompok UKM. Menurut Kementerian Komunikasi dan Informatika Indonesia (2017) bahwa hanya 8 persen UKM memanfaatkan platform online dalam memasarkan produknya. Toko Laurike adalah salah satu anggota UKM Pemerintah Kabupaten Bogor. Toko Laurike adalah produsen minyak kelapa murni atau Virgin Coconut Oil (VCO) dan menjual produknya melalui e-marketplace, yaitu Tokopedia, Bukalapak dan Elevenia. Diantara pasar elektronik tersebut, penjualan melalui Tokopedia adalah yang terbanyak dibanding kedua lainnya. Perbedaan tersebut mungkin disebabkan oleh faktor desain, sistem keamanan, kemudahan penggunaan atau persepsi manfaat dari Tokopedia. Oleh karena itu, perlu mengkaji faktor-faktor yang menentukan seseorang berniat menggunakan Tokopedia dalam berbelanja produk UKM agribisnis berbentuk cair dan gel. Alat analisis data yang digunakan adalah structural equation modeling - partial least squares (SEM-PLS) yang disusun berdasarkan stimulus theoretical framework technology acceptance model (STFTAM). Model penerimaan teknologi STF-TAM terdiri dari variabel Kemudahan Penggunaan, Keyakinan Manfaat, Niat Penggunaan. Dalam STF-TAM ditemukan 2 faktor yang menstimulus niat seseorang untuk menggunakan aplikasi. Faktor stimulus tersebut dilihat dari fitur dan kemampuan sistem. Faktor stimulus ini dianggap dapat memotivasi penggunaan aplikasi. Kedua faktor stimulus tersebut adalah desain dan keamanan. Maka dalam penelitian ini adalah dianalisis pola hubungan desain dan keamanan terhadap kemudahan penggunaan dan keyakinan manfaat. Di samping itu, untuk menganalisis kontribusi keamanan, kemudahan penggunaan dan keyakinan manfaat terhadap niat penggunaan Tokopedia. Penelitian dilaksanakan dengan melibatkan pengguna Tokopedia yang pernah berbelanja produk agribisnis pangan berbentuk cair dan gel. Data responden terkumpul sebanyak 71. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemudahan penggunaan merupakan faktor yang memiliki pengaruh yang paling besar diantara faktor lainnya. Faktor desain dan rancangan berpengaruh signifikan terhadap kemudahan penggunaan. Faktor keamanan berpengaruh terhadap keyakinan manfaat namun berbeda dengan desain yang tidak berpengaruh. Faktor Keamanan tidak berkontribusi secara langsung terhadap niat penggunaan Tokopedia namun melalui kemudahan penggunaan dan keyakinan manfaat. Penemuan faktor dari niat penggunaan Tokopedia ini akan digunakan untuk membangun toko online Laurike.
      URI
      http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/168151
      Collections
      • MT - Business [4046]

      Copyright © 2020 Library of IPB University
      All rights reserved
      Contact Us | Send Feedback
      Indonesia DSpace Group 
      IPB University Scientific Repository
      UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
      Universitas Jember Digital Repository
        

       

      Browse

      All of IPB RepositoryCollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

      My Account

      Login

      Application

      google store

      Copyright © 2020 Library of IPB University
      All rights reserved
      Contact Us | Send Feedback
      Indonesia DSpace Group 
      IPB University Scientific Repository
      UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
      Universitas Jember Digital Repository