Analisis Pengaruh Brand Image, Kualitas Produk dan Layanan Purna Jual Terhadap Keputusan Pembelian Ulang Smartphone Samsung
View/ Open
Date
2019Author
Raditya, Bayu
Yuliati, Lilik Noor
Krisnatuti, Diah
Metadata
Show full item recordAbstract
Pertumbuhan pengguna smartphone cukup signifikan di Indonesia.
Berdsarkan data eMarketer (2018) tercatat dari tahun 2013 hingga 2018
penggunaan smartphone Indonesia mengalami peningkatan yang cukup signifikan
sebesar 376 persen sehingga menjadikan Indonesia pangsa pasar yang cukup
potensial bagi perusahaan yang bergerak pada industri smartphone dan produk
turunannya. Selain itu, berdasarkan data Statcounter (2018) terdapat 27 nama
brand smartphone yang beredar di Indonesia di tahun 2015 dan terus bertambah
hingga tahun 2018 mencapai lebih dari 40 nama brand smartphone. Hal tersebut
menyebabkan persaingan antara produsen smartphone dengan banyaknya brand
baru yang bermunculan. Salah satu produsen smartphone yang terlibat dalam
persaingan tersebut ialah Samsung. Pada tahun 2018 tercatat terdapat penurunan
marketshare smartphone Samsung dari tahun sebelumnya.
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi karakteristik responden
smartphone Samsung dan menganalisis pengaruh citra merek, kualitas produk,
layanan purna jual terhadap keputusan pembelian ulang smartphone Samsung di
wilayah DKI Jakarta serta manajerial strategi dalam menjaga keputusan
pembelian ulang pengguna smartphone Samsung.
Penelitian ini merupakan penelitian deskripsi kuantitatif yang dilakukan
dengan pendekatan metode survei melalui penyebaran kuesioner terstruktur
kepada pengguna smartphone Samsung dan pernah melakukan layanan purna jual
di wilayah DKI Jakarta. Metode pengambilan contoh dilakukan dengan teknik
sampel non-probability sampling melalui pendekatan convenience sampling.
Jumlah contoh responden sebanyak 100 orang. Pengolahan data dilakukan dengan
menggunakan analisis deskriptif guna menjelaskan karakteristik demografi
responden dan Structural Equation Modeling-Partial Least Square (SEM-PLS)
guna melihat pengaruh antar variabel.
Dalam brand image sebagian besar responden meyetujui corporate image
sebesar (99%), user image (80%), dan product image (97%). Dalam kualitas
produk sebagian besar responden menyetujui kinerja produk sebesar (92%),
keistimewaan (96%), konformansi (97%), keandalan (86%), ketahanan (81%),
estetika (77%), kualitas yang dipersepsikan (90%), kemampuan pelayanan 92%).
Dalam layanan purna jual sebagian besar responden menyetujui garansi sebesar
(82%), bantuan aplikasi (89%), dan customer service sebesar (95%). Dalam
keputusan pembelian ulang sebagian besar responden menyetujui untuk
memutuskan membeli smartphone sebesar (82%), akan setia menggunakan
produk hp Samsung sebesar (85%), dan akan merekomendasikan produk
smartphone Samsung kepada orang lain sebesar (83%).
Berdasarkan hasil analisis yang telah dilakukan pada penelitian ini, yaitu
analisis pengaruh brand image, kualitas produk dan layan purna jual terhadap
keputusan pembelian ulang smartphone Samsung, maka kesimpulan yang dapat
diambil adalah:
Karakteristik responden dalam penelitian ini termasuk pada konsumen
smartphone Samsung pada tingkat kelas sosial menengah yang termasuk aktif
dalam kategori pemakaian handphone sehari-hari. Hal ini didasarkan pada rentang
usia domianan 20 hingga 30 tahun dengan pendidikan terakhir SMA sederajat dan
tingkat besaran pengeluaran dua hingga tiga juta per bulan. Variabel kualitas
produk dan variabel layanan purna jual secara keseluruhan mempunyai pengaruh
positif yang signifikan terhadap variabel dependen (keputusan pembelian)
Sedangkan variabel brand image mempunyai berpengaruh positif dan tidak
signifikan terhadap variabel dependen (keputusan pembelian). Implikasi
manajerial pada penelitian ini dapat ditempuh dengan langkah mempertahankan
kualitas durability (baterai yang tahan lama) dan reliability (kualitas yang bagus
dari sektor hardware dan software) dari produk (smartphone Samsung), dan
meningkatkan kualitas layanan purna jual dari sisi garansi (cepat dan tanggap
dalam melayani klaim garansi).
Collections
- MT - Business [4046]
