Representasi Digital Lanskap Kampus IPB Darmaga, Bogor
Abstract
Sejak terdapat perkembangan yang pesat di dalam internet, sistem komunikasi berubah menjadi sistem informasi globaL Perubahan ini tidak lain karena makin meningkatnya teknologi WWW (World Wide Web), yang memberikan kemudahan akses ke berbagai sumber multimedia. Kampus IPB sebagai kawasan pendidikan yang memiliki fasilitas lengkap kemudian divisualisasikan menjadi satu sistem informasi digital multimedia dalam bentuk pemodelan lanskap kampus. Sistem informasi multimedia merupakan media yang cukup baik dan representatif dalam memvisualisasikan suatu model sistem informasi. Tujuan utama studi ini adalah untuk membuat model kampus dalam representasi data digital dua dimensi (2D) dan tiga dimensi (3D). ·Berbagai program aplikasi yang digunakan diharapkan dapat memberikan sistem informasi digitallanskap kampus yang cukup memadai untuk IPB. Dalam hal ini dilakukan berbagai macam pemodelan untuk dapat lebih menampilkan lanskap kampus sesuai dengan keadaan nyata (the real world}. Pembuatan model kampus terdiri dari beberapa tahapan kerja yaitu pengumpulan data, persiapan data, proses digitasi, pemodelan 3D dan pembuatan model virtual reality (VR). Berdasarkan data analog berupa peta rencana induk kampus dibangun model digital 2D dan 3D. Model 3D dapat dikembangkan menjadi model lain yaitu model dalam Virtual Reality Modeling Language (VRML) dan model panorama QuickTime Virtual Reality (QTVR). Model 3D yang dibangun dengan program CAD (format DWG) dikonversi ke dalam VRML (format WRL). Setelah dilakukan editing atas kode script dengan teks editor, model VRML dapat ditampilkan pada browser internet dengan menggunakan viewer Cosmo Player. Model panorama QTVR dibangun dengan melakukan perekaman model 3D dari sudut pandang (perspektif) tertentu dalam format bitmap. Setelah dilakukan stitching pada data bitmap kemudian dibangun model QTVR dengan
Collections
- UT - Landscape Architecture [1258]