Analisis Proses Keputusan Pembelian Ikan Kaleng pada Karyawan Kantor Kecamatan Grogol Petamburan, Jakarta Barat
Abstract
Beragam merek ikan kaleng banyak beredar di pasaran, se&ingga perusahaan harus menentukan strategi pemasaran yang cermat agar perusahaan dapat memenangkan pasar di tengah kondisi pasar yang kompetitif. Dewasa ini strategi pemasaran yang baik tidak hanya memperhatikan produksi, tetapi juga memperhatikan konsumen karena konsumen sebagai pemilik sumberdaya mempunyai kekuasaan untuk memilih produk yang akan dikonsumsi Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik karyawan di Kantor Kecamatan Grogol Petamburan yang membeli dan mengkonsumsi ikan kaleng, proses keputusan pembelian ikan kaleng yang dilakukan oleh karyawan Kantor Kecamatan Grogol Petamburan, dan faktor-faktor yang mempengaruhi proses keputusan pembelian ikan kaleng. Pemilihan suku dinas yang dijadikan tempat penelitian menggunakan metode pupnsive samplings,sedangkan pengambilan karyawan yang dijadikan responden menggunakan metode stratifiIe d random sampling. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif, analisis faktor. dan Metode Multiu~ribuF~is hbein. 1 ' Hasil penelitian menunjulckan proses keputusan pembeli4 ikan kaleng dapat melalui semua tahap dalam proses p.e ng- ambiian keputwan pernbqlian, tetapi tidak semua tahap tersebit hams dilalui pads pembelianikan kalkng. Tpe perilaku pembelian ikan kaleng adalah perilaku membeli yang mencari vaqasi (variety seeking buying behavior). Faktor yang paling mempengaruhi responden dalam pembelian ikan kaleng adalah variabel keluarga, variabel isi (volume), dan variabel iklan/promosi dan atribut yang dievaluasi responden sebagai diinginkan adalah rasa enak dan kepraktisanlkemudahan dalam Berdasarkan hasil Metode Mukiatribut Fishbein, Botan addah ikan kaleng yang mempunyai atribut paling ideal dibandingkan merek ikan kaleng lainnya