PENGENDALIAN KUALITAS PRODUK REJECT ROLADE SAPI DENGAN PENERAPAN STATISTICAL QUALITY CONTROL DI PT XYZ
Abstract
SHAFIA ILFI AQILLA Pengendalian Kualitas Produk Reject Rolade Sapi Dengan Penerapan Statistical Quality Control Di PT XYZ Dibimbing oleh MRR. LUKIE TRIANAWATI
Perusahaan XYZ adalah produsen makanan beku yang mengalami peningkatan penjualan rolade sapi, dari 45.623 kg pada bulan Mei menjadi 49.232 kg pada bulan Juni. Namun, perusahaan menghadapi masalah berupa produk reject. Penelitian dilakukan untuk menganalisis faktor-faktor penyebab reject dan menentukan tindakan perbaikan di PT XYZ. Statistical Quality Control (SQC) diterapkan untuk mengendalikan kualitas rolade sapi dan mengurangi jumlah reject. Hasil penelitian menunjukkan bahwa jenis-jenis reject mencakup rolade bolong sebanyak 94 roll per minggu, ukuran yang tidak konsisten sebanyak 64 roll per minggu, dan kulit rusak sebanyak 36 roll per minggu. Faktor penyebab reject meliputi aspek manusia, metode, material, dan mesin. Saran perbaikan mencakup pelatihan karyawan, pengendalian mutu daging, standar penggilingan, serta evaluasi mesin untuk meminimalkan reject. Jumlah rolade bolong menurun sebesar 0,01% dari 94 roll menjadi 77 roll setalah satu minggu setelah pelatihan. Dengan demikian perusahaan harus mencari solusi yang lebih sesuai untuk menurunkan reject rolade bolong sehingga dapat peningkatan mutu produk dapat tercapai. SHAFIA ILFI AQILLA Quality Control of Rejected Beef Rolade Products
Through the Application of Statistical Quality Control at PT XYZ Supervised by
MRR. LUKIE TRIANAWATI
Company XYZ is a frozen food producer that experienced an increase in sales of
beef roulade, from 45,623 kg in May to 49,232 kg in June. However, the company
faced an issue with product rejects. A study was conducted to analyze the factors
causing the rejects and to determine corrective actions at PT XYZ. Statistical
Quality Control (SQC) was applied to control the quality of beef roulade and reduce
the number of rejects. The research results showed that the types of rejects included
perforated roulades (94 rolls per week), inconsistent sizes (64 rolls per week), and
damaged skins (36 rolls per week). The factors causing these rejects involved
human factors, methods, materials, and machinery. Recommendations for
improvement included employee training, meat quality control, grinding standards,
and machine evaluation to minimize rejects. The number of perforated roulades
decreased by 0.01%, from 94 rolls to 77 rolls one week after the training. Therefore,
the company must seek more appropriate solutions to further reduce the perforated
roulade rejects in order to achieve improved product quality.