Perbandingan Daya Saing Produk Turunan Karet Alam Indonesia dengan Negara Anggota ITRC dan Determinan Ekspornya ke Amerika Serikat
Abstract
Indonesia memiliki potensi penerimaan dari produk turunan karet alam, seperti ban
serta pakaian dan aksesori pakaian. Namun, Indonesia belum memiliki spesialisasi ekspor
dibandingkan dengan Thailand dan Malaysia. Pasar utama, yaitu Amerika Serikat, juga
menjadi tujuan ekspor utama bagi Thailand dan Malaysia, sehingga meningkatkan
persaingan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis daya saing produk turunan karet
alam Indonesia dengan negara anggota ITRC lainnya ke Amerika Serikat menggunakan
metode Revealed Comparative Advantage (RCA), Export Product Dynamic (EPD), X-
Model, dan Indeks Spesialisasi Perdagangan (ISP). Selanjutnya, menganalisis faktor-faktor
yang memengaruhi ekspor produk turunan karet alam Indonesia ke Amerika Serikat
menggunakan regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, produk ban
Indonesia dan Thailand memiliki potensi pengembangan pasar optimis di Amerika Serikat.
Hal tersebut didukung kematangan dan pertumbuhan dari produk ban Thailand dan
Indonesia. Sebaliknya, hanya produk pakaian dan aksesori pakaian Indonesia yang
memiliki potensi pengembangan pasar optimis di Amerika Serikat. Padahal, ketiga negara
sudah didukung oleh kematangan dari produk pakaian dan aksesori pakaian. Faktor-faktor
yang signifikan memengaruhi volume ekspor ban Indonesia adalah PDB Amerika Serikat,
produksi kendaraan bermotor Amerika Serikat, dan dummy GSP. Adapun faktor-faktor
yang signifikan memengaruhi volume ekspor pakaian dan aksesori pakaian Indonesia
adalah harga ekspor, PDB Amerika Serikat, dan dummy COVID-19. Indonesia has potential revenue from natural rubber derivative products, such as tires
with apparel and clothing accessories. However, Indonesia lacks export specialization
compared to Thailand and Malaysia. The main market, the United States, is also the main
export destination for Thailand and Malaysia, increasing competition. This study aims to
analyze the competitiveness of Indonesia's natural rubber derivative products with other
ITRC member countries to the United States using the Revealed Comparative Advantage
(RCA), Export Product Dynamic (EPD), X-Model, and Index of Trade Specialization (ISP)
methods. Furthermore, it analyzes the factors that influence the export of Indonesian natural
rubber derivative products to the United States using multiple linear regression. The results
showed that Indonesian and Thailand tire products have optimistic market development
potential in the United States. This is supported by the maturity and growth of Thailand
and Indonesian tire products. In contrast, only Indonesian apparel and clothing accessories
products have optimistic market development potential in the United States. In fact, the
three countries are already supported by the maturity of apparel and clothing accessories
products. The factors that significantly affect the export volume of Indonesian tires are the
GDP of the United States, production of motor vehicles in the United States, and dummy
GSP. The factors that significantly affect the export volume of Indonesian apparel and
clothing accessories are export prices, GDP of the United States, and dummy COVID-19.