Evaluasi Persepsi Konsumen Terhadap Minuman Berenergi Untuk Pengembangan Produk
Abstract
Minuman berenergi saat ini menjadi salah satu pilihan bagi anggota masyarakat uotuk memulihkan stamina setelah lama beraktivitas. Bermacam merek dan jenis minuman berenergi yang beredar di pasaran. Hal inilah yang menyebabkan terjadinya persaingan di tingkat produsen, dan di pihak konsumen menimbulkan persepsi yang beragam mengenai kinerja dari beberapa minuman berenergi yang beredar di pasaran. Dalam penelitian ini usaha rnenginterpretasikan data peubah ganda secara dua dimensi diIakukan dengan menggunakan analisis biplot, dimana data rnasukan merupakan persepsi konsumen terhadap beberapa merek minuman berenergi beserta atribut yang cenderung melekat pada minuman berenergi. Data yang digunakan merupakan hasil survei pad a tahun 1999 dan 2000. Pada data masing-masing tahun dilakukan analisis biplot untuk dapat melihat persepsi konsumen terhadap minuman berenergi dan atribut yang melekat. Selanjutnya dilakukan 'suatu anal isis untuk melihat apakah ada perbedaan yang relatif nyata pada dua konfigurasi data yang berbeda.