Hubungan Efektivitas Promosi dengan Pengambilan Keputusan Pengunjung di Kampung Agro Eduwisata “Mulyaharja” Kota Bogor
Abstract
Era digital mengubah strategi promosi mulai dari dilakukan secara offline
menjadi secara online atau dikombinasikan secara offline dan online. Penggunaan
media sosial di Indonesia cukup tinggi sehingga semakin banyak strategi promosi
yang dilakukan media sosial, salah satunya yaitu penggunaan Instagram untuk
melakukan promosi guna menarik pengunjung Kampung Agro Eduwisata
“Mulyaharja”. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis keefektifan
promosi media sosial, menganalisis jalur pelanggan, dan menganalisis hubungan
antara efektivitas promosi media sosial terhadap pengambilan keputusan
pengunjung untuk mengunjungi Kampung Agro Eduwisata “Mulyaharja”. Metode
yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif melalui survei yang didukung oleh
pendekatan kualitatif melalui wawancara mendalam kepada pihak pengelola.
Responden pada penelitian ini terdiri dari 50 responden. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa strategi promosi yang dilakukan sudah cukup efektif untuk
menarik perhatian pengunjung, analisis jalur pelanggan melalui tahap 5A berada
pada kategori sedang, dan terdapat hubungan nyata antara efektivitas promosi
dengan tingkat pengambilan keputusan pengunjung. The digital era has transformed promotional strategies from offline to online
methods. This shift can influence consumer”s decision-making processes. The use
of social media in Indonesia is quite high, leading to an increasing number of
promotional strategies conducted through social media, such example is the use of
Instagram to promote and attract visitors to the Agro Educational Tourism Village
"Mulyaharja." The purpose is to analyze the effectiveness of social media
promotion, analyze the customer journey, and analyze the relationship between
social media promotional strategies and visitor’s decision-making to visit the Agro
Educational Tourism Village "Mulyaharja." The method used is a quantitative
approach through surveys supported by a qualitative approach through in-depth
interviews with the management. The respondents consist of 50 respondents. The
results of the study show that the promotional strategies implemented are quite
effective in attracting visitor’s attention, the customer journey through the 5A
stages is in the moderate category, and there is a significant and direct relationship
between the effectiveness of the promotion and the level of visitor's decision-making