Strategi Pemasaran Taplus Utama Pt Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk Kantor Cabang Utama Tangerang
View/ Open
Date
2003Author
Latutuaparaya, Endah Purnawati Sari
Fahmi, Idqan
Daryanto, Arief
Metadata
Show full item recordAbstract
PT Bank BNI Kantor Cabang Utama Tangerang adalah kantor cabang utama yang membawahi 15 buah kantor layanan dan cabang pembantu yang tersebar di seluruh wilayah Tangerang. Sebagai kantor cabang PT Bank BNI Kantor Cabang Utama Tangerang mempunyai fungsi sebagai ujung tombak dari organisasi Bank BNI secara keseluruhan, karena melaksanakan usaha di bidang perbankan dalam arti yang seluasluasnya untuk menunjang tercapainya misi Bank BNI dengan cara menggali bisnis di daerah kerja yang bersangkutan, dan memberikan pelayanan yang sebaik-baiknya kepada nasabah untuk meningkatkan citra bank dan memberikan kontribusi laba yang optimal.
PT Bank BNI Kantor Cabang Utama Tangerang memiliki tiga macam produk tabungan yaitu Taplus, Tabungan Haji Indonesia (THI) dan Taplus Utama. Dalam kurun waktu tiga tahun sejak tahun 2000 sampai tahun 2003 perkembangan produk tabungan Taplus Utama masih rendah jika dibandingkan dengan produk tabungan Bank BNI lainnya, yaitu Taplus. Dalam hal ini kantor cabang perlu mengevaluasi dan merumuskan kembali strategi pemasaran yang telah dijalankan .dalam rangkf,l mengantisipasi persaingan perbankan yang semakin ketat khususnya di sektor ritel. Untuk itu diperlukan suatu strategi yang dapat diaplikasikan secara terintegrasi, sehingga menjadi suatu potensi yang dapat terus dikembangkan bagi Taplus Utama.
Penelitian ini bertujuan untuk 1. Mengkaji strategi pemasaran yang telah diterapkan oleh Bank BNI KCU Tangerang dalam pengembangan "Taplus Utama". 2. Menganalisis faktor-faktor yang menentukan dalam perumusan strategi pemasaran "Taplus Utama''.. 3. Merekomendasikan alternatif strategi pemasaran "Taplus Utama" yang dapat diterapkan oleh Bank BNI KCU Tangerang untuk dapat meningkatkan nasabah "Taplus Utama". Sedangkan ruang lingkup penelitian ini adalah 1. Penelitian dilakukan di Bank BNI KCU Tangerang dengan memfokuskan pada pelaksanaan pemasaran "Taplus Utama". 2. Penelitian juga dilakukan untuk mengkaji permasalahan dan konteks perubahan da!am pemasaran "Taplus Utama"
Penelitian ini dilakukan untuk menjawab permasalahan tersebut di atas, yaitu merumuskan strategi pemasaran Taplus Utama yang tepat bagi pihak manajemen Bank BNl KCU Tangerang. Untuk membatasi lingkup penelitian, maka penelitian ini hanya dibatasi mengenai strategi pemasaran T aplus Utama dan hanya untuk responden yang berada di wilayah Tangerang. Metodologi penelitian yang dipakai adalah analisis persepsi konsumen, analisis SWOT dan Matriks QSPM untuk perolehan prioritas alternatif strategi yang harus dijalankan. ...dst.
Collections
- MT - Business [4046]
