Analisis Perilaku Konsumen Masakan Siap Saji Auo dan Implikasinya Terhadap Strategi Pemasaran : Studi Kasus Pt. Rajawali Nusindo
Abstract
PT. Rajawali Nusindo adalah divisi perdagangan dari PT. Rajawali Nusantara yang bergerak dalam bidang agroindustri, farmasi, dan perdagangan. Salah satu consumer goods yang dikelola adalah masakan siap saji AUO yang merupakan masakan menu Indonesia yang dikemas dalam allumunium foil dengan bahan dasar daging ayam, daging sapi, daging kambing serta nasi. Selain itu produk memiliki kemudahan dalam penyajian, bersertifikat halal dan tanpa bahan pengawet. Produksi dilakukan oleh PT. Koki Indocan sedangkan desain produk dan pemasaran dilakukan oleh PT. Rajawali Nusindo. Meskipun sudah diluncurkan sejak tahun 1999 produk ini baru memiliki kontribusi 20% dari keseluruhan consumer goods yang pemasarannya dikelola oleh perusahaan. Jumlah penduduk perkotaan yang makin meningkat serta perubahan gaya hidup yang makin sibuk menjadi peluang untuk memasuki pasar makanan olahan. Sampai saat ini belum ada perusahaan yang mengeluarkan produk sejenis. Oleh kerena itu untuk memasuki pasaran diperlukan strategi pemasaran yang tepat dan efektif untuk memenangkan persaingan. Sebagai produk inovasi yang belum memiliki saingan dari produk sejenis pengetahuan perilaku konsumen terhadap masakan siap saji khususnya preferensi konsumen menjadi pertimbangan dalam penyusunan strategi pemasaran yang efektif. Rumusan masalah yang dikaji pada penelitian ini yaitu: (1)Bagaimana karekteristik umum perilaku konsumen terhadap produk makanan siap saji, (2) Bagaimana strategi pemasaran Masakan Siap Saji AUO yang diterapkan perusahaan, (3) Alternatif strategi pemasaran apa yang dapat diterapkan perusahaan dikaitkan dengan karakteristik perilaku konsumen. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah (1) Menganalisis perilaku konsumen terhadap produk masakan siap saji AUO, (2) Menganalisis strategi pemasaran produk masakan siap saji AUO yang diterapkan oleh perusahaan, (3) Memberikan suatu rekomendasi alternatif strategi pemasaran produk masakan siap saji AUO untuk dapat meningkatkan daya saing dan pangsa pasarnya. Metodologi yang digunakan dalam pelaksanaan penelitian ini adalah metode studi kasus dan survei konsumen. Pengambilan contoh dilakukan menggunakan metode pengambilan contoh secara non probability sampling dengan cara wawancara menggunakan panduan kuesioner terstruktur. Jumlah responden yang dijadikan sampel sebanyak 106 orang, responden yang dipilih adalah responden yang melakukan pembelian masakan di luar rumah sebagai salah satu cara pemenuhan kebutuhan makanan sehari-hari. Wawancara dilakukan pada daerah perkantoran di Jakarta dan Bogor sesuai dengan wilayah pemasaran yang potensial.
Collections
- MT - Business [2031]