Analisis Permintaan Daging Sapi Di Dki Jakarta dan Implikasinya Pada Strategi Pemasaran Pt. Radyam Beef
View/ Open
Date
2002Author
Muslim, Andi Ichsan
Wagiono, Yayah Ko
Ratnawati, Anny
Metadata
Show full item recordAbstract
PT. Radyana Beef adalah salah satu perusahaan swasta nasional yang bergerak di bidang industri pengolahan daging khususnya daging sapi. Wilayah DKI Jakarta adalah pangsa pasar utama pemasaran produk daging sapi PT. Radyana Beef karena wilayah tersebut memiliki potensi tingkat permintaan daging sapi yang lebih tinggi dibandingkan wilayah-wilayah yang lain. Selain itu, sentra produksi perusahaan berlokasi tidak jauh dari wilayah DKI Jakarta yaitu berlokasi di wilayah Jatiasih Bekasi. Sejalan dengan perkembangan waktu, menunjukkan bahwa permintaan daging sapi di pasar khususnya di DKI Jakarta mulai terjadi peningkatan setelah anjlok akibat krisis ekonomi. Peningkatan tersebut menyebabkan munculnya industri-industri pengolahan daging sapi yang baru, yang mengakibatkan timbulnya persaingan yang ketat untuk memperoleh pangsa pasar di tingkat konsumen, sebab konsumen menjadi lebih selektif dalam memilih produk daging sapi yang ditawarkan. Untuk mempertahankan sekaligus mengembangkan pangsa pasar dengan tetap mengacu pada kualitas produk yang baik sehingga penjualan dapat ditingkatkan, maka PT. Radyana Beef dihadapkan pada permasalahan: 1. Bagaimana sensivitas permintaan daging sapi terhadap perubahan indikator yang mendasari permintaan pasar di DKI Jakarta?, 2. Sejauh mana citra produk daging sapi yang dihasilkan PT. Radyana Beef dimata konsumen selama ini?, 3. Faktor-faktor lingkungan internal dan eksternal apa yang berpengaruh terhadap PT. Radyana Beef?, 4. Bagaimana strategi pemasaran yang efektif diterapkan PT. Radyana Beef di bidang industri daging di DKI Jakarta ?. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dalam bentuk pendekatan studi kasus. Penedekatan tersebut bertujuan untuk mengidentifikasi permasalahan yang terjadi di perusahaan dan di wilayah survey, sehingga diperoleh gambaran yang luas tentang faktor-faktor yang mempengaruhi permintaan daging sapi di DKI Jakarta dan citra produk daging sapi yang dihasilkan PT. Radyana Beef. Selanjutnya gambaran tersebut akan dijabarkan dalam analisis lingkungan internal dan eksternal. ..dst.
Collections
- MT - Business [2031]