Pengaruh Citra dan Pengetahuan Terhadap Minat Berkoperasi Mahasiswa Institut Pertanian Bogor
Date
2024Author
Permatasari, Intan
Pambudy, Rachmat
Burhani, Al-May Abyan Izzy
Metadata
Show full item recordAbstract
Eksistensi koperasi merupakan suatu keniscayaan untuk menjadi promotor
kebangkitan ekonomi rakyat. Namun, saat ini minat berkoperasi pada generasi Z
masih tergolong rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat
perbedaan citra, pengetahuan, dan minat berkoperasi antara mahasiswa yang
mengambil mata kuliah Koperasi dan Kelembagaan Agribisnis (KKA) dengan
mahasiswa yang tidak mengambil mata kuliah tersebut (non KKA). Kemudian
dilanjutkan dengan menguji pengaruh citra dan pengetahuan terhadap minat
berkoperasi mahasiswa Institut Pertanian Bogor (IPB). Penelitian ini melibatkan
160 mahasiswa aktif IPB. Metode analisis yang digunakan adalah uji beda dua
kelompok bebas dan PLS-SEM. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tidak
terdapat perbedaan citra, pengetahuan, dan minat berkoperasi pada mahasiswa
KKA dan non KKA. Hasil penelitian berikutnya menunjukkan bahwa terdapat
pengaruh citra dan pengetahuan terhadap minat berkoperasi pada mahasiswa IPB.
Implikasi dari penelitian ini adalah peningkatan citra positif dan pengetahuan
koperasi baik melalui pendidikan formal maupun non formal penting dilakukan
untuk dapat menjaga dan meningkatkan minat berkoperasi mahasiswa. The existence of cooperative is a necessity to become a promoter of people's
economic revival. However, currently the interest in cooperative among generation
Z is still relatively low. This research aims to determine whether there are
differences in the image, knowledge and interest in cooperatives between students
who take the Cooperative and Agribusiness Institutions (KKA) course with students
who do not take this course (non KKA). Then proceed with testing the influence of
image and knowledge on the interest in cooperative of Bogor Agricultural Institute
(IPB) students. This research involved 160 active IPB students. The analytical
methods used are two independent group difference tests and PLS-SEM. The results
of this research show that there are no differences in the image, knowledge and
interest in cooperatives between KKA and non-KKA students. Then there is the
influence of image and knowledge on interest in cooperatives among IPB students.
The implication of this research is that increasing the positive image and knowledge
of cooperatives, both through formal and non-formal education is important to
maintain and increase students' interest in cooperatives.
Collections
- UT - Agribusiness [4610]