Pembuatan Iklan Layanan Masyarakat DP3AP2KB dengan Menerapkan Gaya Penyutradaraan Pendekatan Realisme.
Abstract
Perkembangan teknologi informasi mempermudah komunikasi, termasuk
melalui media sosial yang menawarkan berbagai bentuk komunikasi seperti lisan,
tulisan, dan visual. Iklan, terutama iklan layanan masyarakat, digunakan untuk
mengedukasi, meningkatkan kesadaran, dan mempengaruhi sikap masyarakat
tentang isu-isu sosial. Proyek akhir ini mendeskripsikan proses pembuatan iklan
layanan masyarakat "Melangkah Bersama dengan Keluarga Berencana" oleh
DP3AP2KB Kota Depok, dengan fokus pada penerapan gaya penyutradaraan
realisme. Metode yang digunakan mencakup tiga tahapan: pra produksi
(brainstorming, pembuatan naskah, dan persiapan alat), produksi (pengambilan
gambar dan penerapan teknik kamera), dan pasca produksi (editing video,
screening, dan publikasi). Hasilnya menunjukkan bahwa penerapan pendekatan
gaya realisme dalam pembuatan iklan ini efektif dalam menyampaikan pesan
edukatif dan meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya keluarga
berencana.
Kata-kata Kunci: DP3AP2KB Kota Depok, ILM, Penyutradaraan, Realisme The development of information technology has made communication easier,
including through social media which offers various forms of communication such
as oral, written, and visual. Advertisements, especially public service
advertisements, are used to educate, raise awareness, and influence people's
attitudes about social issues. This final project describes the process of creating a
community service advertisement "Stepping Together with Family Planning" by
the Depok City DP3AP2KB, with a focus on the application of realism directing
style. The method used includes three stages: pre-production (brainstorming, script
making, and tool preparation), production (shooting and applying camera
techniques), and post-production (video editing, screening, and publication). The
results show that the application of the realism style approach in making this
advertisement is effective in conveying educational messages and increasing public
awareness about the importance of family planning.
Keywords: Directing, DP3AP2KB Kota Depok, ILM, Realism
