Pendirian Unit Bisnis Baru Jamur Shitake untuk Meningkatkan Pendapatan pada Perusahaan YUM Organic Farm Kabupaten Cianjur
Abstract
YUM Organic Farm merupakan perusahaan yang menghasilkan sayuran organic,
dan memiliki rencana untuk mendirikan unit bisnis baru jamur shitake. Pendirian
unit bisnis ini didasari dengan adanya permintaan pasar. Tujuan penelitian adalah
menganalisis potensi dari perencanaan pendirian unit bisnis Jamur Shitake untuk
meningkatkan pendapatan pada perusahaan, menyusun perencanaan pendirian unit
bisnis baru Jamur Shitake untuk meningkatkan pendapatan perusahaan dan
menganalisis kelayakan bisnis pada pendirian unit bisnis baru jamur shitake.
Metode yang digunakan adalah metode analisis SWOT menentukan kekuatan,
kelemahan, peluang dan ancaman pada perusahaan dan metode studi kelayakan
bisnis untuk menyusun perencanaan pendirian unit bisnis baik secara finansial
maupun non finansial. Berdasarkan hasil analisis finansial dan non finansial yang
sudah dilakukan, menunjukkan bahwa pendirian unit bisnis ini dikatakan layak
untuk dijalankan oleh perusahaan YUM Organic Farm. Pendirian unit bisnis ini
merupakan peluang bagus bagi perusahaan untuk membantu dalam menambah
pendapatan bagi perusahaan. YUM Organic Farm is a company that produces organic vegetables and plans to
establish a new business unit for shiitake mushrooms. The establishment of this
business unit is based on market demand. The purpose of the research is to analyze
the potential of planning the establishment of the Shiitake Mushroom business unit
to increase the company's revenue, to develop a plan for the establishment of the
new Shiitake Mushroom business unit to enhance the company's revenue, and to
analyze the business feasibility of establishing the new shiitake mushroom business
unit. The methods used are SWOT analysis to determine the strengths, weaknesses,
opportunities, and threats to the company, and business feasibility studies to plan
the establishment of the business unit both financially and non-financially. Based
on the financial and non-financial analysis that has been conducted, it shows that
the establishment of this business unit is feasible to be carried out by YUM Organic
Farm. The establishment of this business unit represents a good opportunity for the
company to help increase its revenue. YUM Organic Farm merupakan perusahaan yang menghasilkan sayuran organic,
dan memiliki rencana untuk mendirikan unit bisnis baru jamur shitake. Pendirian
unit bisnis ini didasari dengan adanya permintaan pasar. Tujuan penelitian adalah
menganalisis potensi dari perencanaan pendirian unit bisnis Jamur Shitake untuk
meningkatkan pendapatan pada perusahaan, menyusun perencanaan pendirian unit
bisnis baru Jamur Shitake untuk meningkatkan pendapatan perusahaan dan
menganalisis kelayakan bisnis pada pendirian unit bisnis baru jamur shitake.
Metode yang digunakan adalah metode analisis SWOT menentukan kekuatan,
kelemahan, peluang dan ancaman pada perusahaan dan metode studi kelayakan
bisnis untuk menyusun perencanaan pendirian unit bisnis baik secara finansial
maupun non finansial. Berdasarkan hasil analisis finansial dan non finansial yang
sudah dilakukan, menunjukkan bahwa pendirian unit bisnis ini dikatakan layak
untuk dijalankan oleh perusahaan YUM Organic Farm. Pendirian unit bisnis ini
merupakan peluang bagus bagi perusahaan untuk membantu dalam menambah
pendapatan bagi perusahaan. YUM Organic Farm is a company that produces organic vegetables and plans to
establish a new business unit for shiitake mushrooms. The establishment of this
business unit is based on market demand. The purpose of the research is to analyze
the potential of planning the establishment of the Shiitake Mushroom business unit
to increase the company's revenue, to develop a plan for the establishment of the
new Shiitake Mushroom business unit to enhance the company's revenue, and to
analyze the business feasibility of establishing the new shiitake mushroom business
unit. The methods used are SWOT analysis to determine the strengths, weaknesses,
opportunities, and threats to the company, and business feasibility studies to plan
the establishment of the business unit both financially and non-financially. Based
on the financial and non-financial analysis that has been conducted, it shows that
the establishment of this business unit is feasible to be carried out by YUM Organic
Farm. The establishment of this business unit represents a good opportunity for the
company to help increase its revenue.