Penulisan Naskah Video Iklan untuk Promosi Agro Eduwisata Organik Mulyaharja dalam Meningkatkan Jumlah Pengunjung
Date
2024Author
ISTIGHFARIANI, BUNGA
Pambudy, Rachmat
Ulya, Enden Darjatul
Metadata
Show full item recordAbstract
Penulisan naskah video iklan merupakan langkah awal dalam proses pembuatan iklan yang memiliki tujuan untuk menarik perhatian audiens. Pembuatan video iklan ini juga dibuat berdasarkan kebutuhan akan peningkatan jumlah pengunjung AEWO yang setiap tahunnya mengalami penurunan. Tujuan penulisan Laporan Proyek Akhir ini yaitu untuk memproduksi penulisan naskah video iklan AEWO dan menerapkan teknik AIDCA (attention, interest, desire, conviction, action) dalam penulisan naskah video iklan. Pengumpulan data dilakukan di Agro Eduwisata Organik Mulyaharja terhitung dari Januari – April 2024 dengan teknik pengumpulan data melalui parisipasi aktif, observasi, wawancara, dan studi pustaka. Pembuatan video iklan AEWO memiliki gambaran besar yaitu bagi pengunjung yang mulai merasakan penat dalam menjalani aktivitas sehari-harinya dapat menenangkan pikiran dengan menikmati keindahan alam di AEWO. Proses ini terdiri dari beberapa tahapan seperti riset, pengembangan konsep, penulisan naskah, persetujuan dan scripting. Penulisan naskah AEWO menggunakan konsep penulisan struktur naratif, yang menceritakan sebab-akibat. Teknik penulisan yang efektif yaitu dengan menggunakan formula AIDCA. Writing a video advertisement script is the initial step in the advertising production
process aimed at capturing the audience's attention. This advertisement video is
created based on the need to increase the number of visitors to AEWO, which has
been declining annually. The purpose of writing this Final Project Report is to
produce the AEWO video advertisement script and apply the AIDCA technique
(attention, interest, desire, conviction, action) in the scriptwriting process. Data
collection was conducted at Agro Eduwisata Organik Mulyaharja from January to
April 2024 using active participation, observation, interviews, and literature study
techniques. The overall concept of the AEWO advertisement video is that visitors
who start feeling tired from their daily activities can relax their minds by enjoying
the natural beauty at AEWO. This process consists of several stages such as
research, concept development, scriptwriting, approval, and scripting. The AEWO
scriptwriting uses a narrative structure concept, which tells a cause-and-effect story.
The effective writing technique is using the AIDCA formula.
