Komunikasi Keluarga dalam Pengasuhan dan Kualitas Hidup Anak Cerebral Palsy
Abstract
Cerebral Palsy (CP) Merupakan kondisi fungsi motorik dan koordinasi
tubuh sejak masa tumbuh kembang anak. Anak-anak dengan CP menghadapi
tantangan yang signifikan dalam aktivitas sehari-hari secara mandiri. Akibat
keterbatasan fisik dan gangguan perkembangan lainnya yang dialami anak CP
memberikan dampak besar bagi keluarga dan lingkungan sekitar seperti
mengasuh anak CP membutuhkan komitmen dan partisipasi yang besar dari
keluarga dan lingkungan sekitarnya.
Dinamika komunikasi dalam keluarga dan dukungan sosial dari berbagai
pihak memegang peranan penting dalam menentukan kualitas pengasuhan dan
peningkatan kehidupan anak CP. Komunikasi yang efektif antar anggota
keluarga, saling pengertian , dan kesepakatan dalam pengasuhan menjadi faktor
penting untuk menciptakan lingkungan yang kondusif bagi tumbuh kembang
anak CP. Dukungan sosial baik dari dalam keluarga maupun dari luar keluarga
seperti komunitas dan lingkungan eksternal, memberikan kontribusi signifikan
dalam memotivasi pengasuhan dan meningkatkan kualitas hidup anak CP dan
keluarganya.
Penelitian sebelumnya telah menggali beberapa aspek terkait pengasuhan
anak CP, seperti intervensi pengasuhan, tingkat depresi orang tua, ketahanan
dalam pengasuhan serta perilaku psikologis dan iklim komunikasi orang tua,
namun belum banyak penelitian yang khusus meneliti dinamika komunikasi dan
dukungan sosial dalam keluarga anak CP, serta dampaknya terhadap kualitas
hidup mereka secara menyeluruh.
Berdasarkan uraian diatas penelitian ini bertujuan untuk menggali secara
khusus berupaya untuk (1). mengidentifikasi komunikasi antar anggota keluarga
untuk pengasuhan anak CP serta pola komunikasi, interaksi, saling pengertian
dan kesepakatan dalam pengasuhan; (2) menganalisis bentuk dukungan sosial
baik dari dalam keluarga maupun dari komunitas dan lingkungan eksternal yang
berkontribusi pada kesejahteraan dan kualitas hidup anak CP; (3) Menyusun
model komunikasi antara anggota keluarga yang efektif untuk mendukung
pengasuhan dan peningkatan kualitas hidup anak CP.
Untuk mencapai tujuan penelitian tersebut, penelitian ini menggunakan
pendekatan mix method yang menggabungkan metode kuantitatif dan kualitatif
dengan paradigma post–positivisme, pendekatan ini dipilih untuk memperoleh
pemahaman yang komprehensif dan mendalam tentang fenomena yang diteliti.
Secara metode kuantitatif diperoleh 88 keluarga anak CP yang bersedia
menjadi responden data dikumpulkan Analisis Data kuantitatif menggunakan
metode korelasi deskriptif untuk mengidentifikasi hubungan antar variabel yang
diperoleh dan korelasi antar variabel tersebut. Secara kualitatif, terdapat enam
keluarga dengan anak CP yang bervariasi dalam hal jenis CP, tingkat keparahan
dan dukungan keluarga dipilih sebagai narasumber. untuk menggali 3 aspek
utama: (1)Realita kesehatan dan psikologis termasuk kondisi fisik, gangguan
perkembangan serta dampak psikologis yang dialami anak CP serta anggota dan
keluarga yang tinggal dalam satu rumah, (2) Komunikasi dan pertukaran
informasi di dalam keluarga dan anggota keluarga,meliputi pola komunikasi,
interaksi, saling pengertian dan pembentukan makna komunikasi terkait kondisi
masing-masing anak CP, (3) Dukungan soisal dan model komunikasi untuk
keluarga, mencakup tindakan bersama keluarga dalam pengasuhan, jaringan
relasi komunitas dan berbagi pengetahuan.
Hasil penelitian secara kuantitatif menunjukkan komunikasi aktif dan
kesepahaman dalam keluarga berhubungan dengan komunikasi informal yang
efektif dan kesepakatan pengasuhan yang lebih baik. Dukungan sosial internal
dari keluarga dan eksternal dari komunitas memotivasi pengasuhan dan
meningkatkan kualitas hidup anak CP. Pola komunikasi konvergen yang positif
berdampak baik pada kualitas hidup anak CP dan Keluarga. Hasil penelitian
kualitatif mengungkap interpretasi dan persepsi anggota keluarga terhadap anak
CP dipengaruhi oleh Karakteristik keluarga, komunikasi keluarga, interaksi
anggota keluarga, dukungan sosial internal dan eksternal keluarga,.
Model Komunikasi konvergen dalam keluarga anak CP melibatkan
Realita profil dan psikologis anggota keluarga terhadap anak CP, Konvergen
kepentingan komunikasi inovatif serta kesamaan tujuan dalam mengasuh dan
meningkatkan hidup anak CP. Pertukaran informasi secara simbang membentuk
kesamaan tujuan di antara anggota keluarga sebagai dasar komunikasi efektif
dan dukungan yang optimal untuk anak CP.
Komunikasi yang terbuka, efektif, saling menghargai antar anggota
keluarga sangat penting untuk menciptakan pemahaman bersama dan
kesepakatan pengasuhan anak CP. Komunikasi informal yang interaktif dapat
membangun suasana yang kondusif bagi perkembangan anak CP. Dukungan
sosial dari internal dan eksternal memiliki peran penting dalam memotivasi
pengasuhan dan peningkatan kualitas hidup anak CP serta anggota dan
keluarganya.
Pemahaman dinamika komunikasi dan dukungan sosial dalam pengasuhan
anak berkebutuhan khusu, terutama anak CP dapat memperkaya teori
komunikasi keluarga dan teori sistem keluarga dengan memberikan perspektif
baru tentang peran interpretasi, persepsi dan pertukaran informasi antar anggota
keluarga dalam membentuk penciptaan makna komunikasi dalam
pengasuhannya anak CP. Secara keseluruhan dinamika komunikasi dan
dukungan sosial dalam pengasuhan anak CP, serta pengaruhnya terhadap
kualitas hidup anak CP dan keluarganya, sehingga penelitian dapat menjadi
masukan bagi pegembangan kebijakan dan layanan yang lebih efektif untuk
mendukung keluarga yang memiliki anak berkebutuhan khusus. Cerebral Palsy (CP) is a condition affecting motor function and body
coordination from early childhood. Children with CP face significant challenges
in daily activities independently. The physical limitations and other
developmental disorders experienced by children with CP have a considerable
impact on both the family and the surrounding environment, as caring for a child
with CP requires significant commitment and participation from the family and
the surrounding community.
The dynamics of communication within the family and the social support
from various sources play a crucial role in determining the quality of caregiving
and improving the lives of children with CP. Effective communication among
family members, mutual understanding, and agreement in caregiving are
essential factors in creating an environment conducive to the development of
children with CP. Sosial support, both from within the family and from external
sources such as the community and external environments, significantly
contribute to motivating caregiving and enhancing the quality of life for both the
children with CP and their families.
Previous research has explored several aspects related to caregiving for
children with CP, such as caregiving interventions, parental depression levels,
resilience in caregiving, and parental psychological behaviors and
communication climates. However, there has been limited research specifically
investigating the dynamics of communication and social support within families
of children with CP, as well as their overall impact on their quality of life.
Based on the above description, this research aims to specifically: (1)
identify communication among family members for caregiving of children with
CP, including communication patterns, interactions, mutual understanding, and
agreement in caregiving; (2) analyze the forms of social support, both within
the family and from the community and external environments, that contribute
to the well-being and quality of life of children with CP; (3) develop an effective
communication model among family members to support caregiving and
improve the quality of life of children with CP.
To achieve these research objectives, this study employs a mixed-methods
approach combining quantitative and qualitative methods within the post?positivist paradigm. Quantitative methods involve 88 families with children with
CP who agreed to participate as respondents. Quantitative data analysis uses
descriptive correlation methods to identify relationships between obtained
variabel s. Qualitatively, six families with children with CP, varying in CP type,
severity level, and family support, are selected as narasumber ts to explore three
main aspects: (1) Health and psychological realities, including physical
conditions, developmental disorders, and psychological impacts experienced by
children with CP and their families living together; (2) Communication and
information exchange within the family and among family members, including
communication patterns, interactions, mutual understanding, and meaning-
making communication related to the conditions of each child with CP; (3)
External social support and communication models for the family, including
collective family actions in caregiving, community relationship networks, and
knowledge sharing.
The quantitative research results indicate that active communication and
understanding within the family are associated with effective informal
communication and better caregiver agreements. Internal social support from
the family and external support from the community motivate caregiving and
improve the quality of life of children with CP. Positive convergent
communication patterns have a beneficial impact on the quality of life of
children with CP and their families. Qualitative research findings reveal
interpretations and perceptions of family members towards children with CP
influenced by family characteristics, family communication, interactions among
family members, and internal and external family sosial support.
The convergent communication model within families of children with CP
involves the reality of family members' profils and psychology towards children
with CP, innovative communication interest convergence, and shared goals in
caregiving and improving the lives of children with CP. Information exchange
creates shared goals among family members as the basis for effective
communication and optimal support for children with CP.
Open, effective, and mutually respectful communication among family
members is crucial to creating shared understanding and caregiving agreements
for children with CP. Interactive informal communication can foster an
environment conducive to the development of children with CP. Internal and
external social support plays a significant role in motivating caregiving and
enhancing the quality of life for children with CP and their families.
Understanding the dynamics of communication and social support in
caregiving for children with special needs, especially children with CP, can
enrich family communication theory and family system theory by providing new
perspectives on the role of interpretation, perception, and information exchange
among family members in shaping the meaning of communication in caregiving
for children with CP. Overall, the dynamics of communication and social
support in caregiving for children with CP, and their impact on the quality of life
of children with CP and their families, can provide insights for policy
development and more effective services to support families with children with
special needs.
Collections
- DT - Human Ecology [559]