Strategi Rebranding Akun Instagram AIO Magang dalam Upaya Meningkatkan Engangement
Date
2024Author
wijaya, Ghina khalaida
Pambudy, Rachmat
Ulya, Enden Darjatul
Metadata
Show full item recordAbstract
GHINA KHALAIDA WIJAYA. Strategi Rebranding Akun Media Sosial Instagram AIO Magang Dalam Upaya Meningkatkan Engangement. Dibimbing oleh RACHMAT PAMBUDY dan ENDEN DARJATUL ULYA.
Media sosial menjadi alat komunikasi penting di era digital untuk berbagi informasi. Perusahaan menggunakan media sosial untuk mempromosikan produk atau jasa hingga sekedar membuat produk digital untuk menampilkan hasil kinerja perusahaan. AIO Magang, media informasi milik SHIFTinc Creative Agency sejak Maret 2022, berfungsi sebagai media promosi, portofolio, dan penyebaran artikel untuk mendukung kinerja SHIFTinc. Namun, AIO Magang masih memiliki ruang untuk meningkatkan engagement dengan audiens. Penyusunan strategi dilakukan dengan menggunakan data primer yang diperoleh langsung dari sumber utama melalui pengamatan terhadap media informasi AIO Magang, serta data sekunder dari kajian literatur seperti jurnal, artikel tentang rebranding, keterlibatan audiens, dan lainnya. Analisis SWOT juga dijalankan untuk membantu perencanaan strategi. Strategi inti dalam rebranding akun media sosial AIO Magang adalah meningkatkan kualitas konten dan strategi interaksi dengan khalayak sasaran. Hal tersebut dilakukan dengan membuat konten informatif, promosi, hiburan, hingga meluncurkan kampanye interaktif, kuis, atau kontes yang melibatkan pengikut secara langsung didukung dengan pemasangan iklan digital. Dengan mengoptimalkan konten dan meningkatkan interaksi dengan audiens, AIO Magang diharapkan dapat secara signifikan meningkatkan keterlibatan khalayak. Ini akan mendukung perannya sebagai portofolio SHIFTinc dan memperkuat posisinya sebagai sumber informasi terpercaya. GHINA KHALAIDA WIJAYA. Rebranding Strategy Of AIO Magang Instagram Social Media Account In An Effort To Increase Engagement. Supervised by RACHMAT PAMBUDY and ENDEN DARJATUL ULYA.
Social media has become an important communication tool in the digital era for sharing information. Companies use social media to promote products or services and even just to create digital products to showcase their company's performance. AIO Magang, an information media owned by SHIFTinc Creative Agency since March 2022, functions as a promotional media, portfolio, and article dissemination to support SHIFTinc's performance. However, AIO Magang still has room to improve engagement with its audience. Strategy formulation was carried out using primary data obtained directly from the main source through observation of AIO Magang's information media, as well as secondary data from literature reviews such as journals, articles related to rebranding, audience engagement, and others. A SWOT analysis was also conducted to assist in strategy planning. The core strategy in rebranding AIO Magang's social media accounts is to improve content quality and audience interaction strategies. This is done by creating informative, promotional, and entertainment content, as well as launching interactive campaigns, quizzes, or contests that directly involve followers, supported by digital advertising. By optimizing content and increasing audience interaction, AIO Magang is expected to significantly increase audience engagement. This will support its role as SHIFTinc's portfolio and strengthen its position as a trusted source of information. GHINA KHALAIDA WIJAYA. Strategi Rebranding Akun Media Sosial Instagram AIO Magang Dalam Upaya Meningkatkan Engangement. Dibimbing oleh RACHMAT PAMBUDY dan ENDEN DARJATUL ULYA.
Media sosial menjadi alat komunikasi penting di era digital untuk berbagi informasi. Perusahaan menggunakan media sosial untuk mempromosikan produk atau jasa hingga sekedar membuat produk digital untuk menampilkan hasil kinerja perusahaan. AIO Magang, media informasi milik SHIFTinc Creative Agency sejak Maret 2022, berfungsi sebagai media promosi, portofolio, dan penyebaran artikel untuk mendukung kinerja SHIFTinc. Namun, AIO Magang masih memiliki ruang untuk meningkatkan engagement dengan audiens. Penyusunan strategi dilakukan dengan menggunakan data primer yang diperoleh langsung dari sumber utama melalui pengamatan terhadap media informasi AIO Magang, serta data sekunder dari kajian literatur seperti jurnal, artikel tentang rebranding, keterlibatan audiens, dan lainnya. Analisis SWOT juga dijalankan untuk membantu perencanaan strategi. Strategi inti dalam rebranding akun media sosial AIO Magang adalah meningkatkan kualitas konten dan strategi interaksi dengan khalayak sasaran. Hal tersebut dilakukan dengan membuat konten informatif, promosi, hiburan, hingga meluncurkan kampanye interaktif, kuis, atau kontes yang melibatkan pengikut secara langsung didukung dengan pemasangan iklan digital. Dengan mengoptimalkan konten dan meningkatkan interaksi dengan audiens, AIO Magang diharapkan dapat secara signifikan meningkatkan keterlibatan khalayak. Ini akan mendukung perannya sebagai portofolio SHIFTinc dan memperkuat posisinya sebagai sumber informasi terpercaya. GHINA KHALAIDA WIJAYA. Rebranding Strategy Of AIO Magang Instagram Social Media Account In An Effort To Increase Engagement. Supervised by RACHMAT PAMBUDY and ENDEN DARJATUL ULYA.
Social media has become an important communication tool in the digital era for sharing information. Companies use social media to promote products or services and even just to create digital products to showcase their company's performance. AIO Magang, an information media owned by SHIFTinc Creative Agency since March 2022, functions as a promotional media, portfolio, and article dissemination to support SHIFTinc's performance. However, AIO Magang still has room to improve engagement with its audience. Strategy formulation was carried out using primary data obtained directly from the main source through observation of AIO Magang's information media, as well as secondary data from literature reviews such as journals, articles related to rebranding, audience engagement, and others. A SWOT analysis was also conducted to assist in strategy planning. The core strategy in rebranding AIO Magang's social media accounts is to improve content quality and audience interaction strategies. This is done by creating informative, promotional, and entertainment content, as well as launching interactive campaigns, quizzes, or contests that directly involve followers, supported by digital advertising. By optimizing content and increasing audience interaction, AIO Magang is expected to significantly increase audience engagement. This will support its role as SHIFTinc's portfolio and strengthen its position as a trusted source of information.