Pengaruh Atribut Produk terhadap Minat Beli dan Keputusan Pembelian Asinan Rambutan di PT Intidaya Agrolestari
Abstract
Asinan rambutan adalah produk olahan dari buah rambutan yang dibuat
melalui pengasinan. Setiap tahunnya produksi rambutan melimpah di Kabupaten
Bogor, termasuk di PT Intidaya Agrolestari. Perusahaan ini mengembangkan
rambutan menjadi asinan sejak pertengahan tahun 2023, namun penjualannya
mengalami fluktuatif disebabkan persaingan yang ketat. Oleh karena itu, penelitian
ini bertujuan untuk 1) mengidentifikasi proses keputusan pembelian, 2) persepsi
konsumen, 3) pengaruh dari atribut produk terhadap minat beli dan keputusan
pembelian, 4) strategi pengembangan. Analisis menggunakan metode SEM-PLS
dan analisis SWOT. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mayoritas konsumen
terdorong membeli karena manfaat produk, serta mempertimbangkan kualitas
sebagai faktor utama. Persepsi konsumen berupa reputasi merek, kemasan, kualitas,
serta jaminan sangat memengaruhi minat beli dan keputusan pembelian. Atribut
produk berpengaruh signifikan terhadap minat beli dan keputusan pembelian. Hasil
dari analisis SWOT menunjukkan bahwa implikasi manajerial yang
direkomendasikan dapat dijalankan oleh PT Intidaya Agrolestari. Pickled rambutan is a processed product made from rambutan fruit through
salting. Every year, rambutan production is abundant in Bogor Regency, including
at PT Intidaya Agrolestari. This company has been developing rambutan into
pickles since mid-2023, but sales have fluctuated due to intense competition.
Therefore, this study aims to 1) identify the purchasing decision process, 2) assess
consumer perceptions, 3) determine the influence of product attributes on purchase
intention and purchasing decisions, and 4) develop strategic recommendations. The
analysis employs SEM-PLS and SWOT analysis methods. The results indicate that
the majority of consumers are driven to purchase due to the product's benefits and
consider quality as the main factor. Consumer perceptions such as brand reputation,
packaging, quality, and guarantees significantly influence purchase intention and
purchasing decisions. Product attributes have a significant impact on purchase
intention and purchasing decisions. The SWOT analysis results suggest that the
recommended managerial implications are feasible for PT Intidaya Agrolestari to
implement.