Manajemen Produksi Media pada Produksi Iklan Layanan Masyarakat di Pengadilan Negeri Kota Bogor
Date
2024Author
Napitupulu, Falery Hewila Dahmaria
Wijaya, Abung Supama
Metadata
Show full item recordAbstract
Produksi iklan layanan masyakat memerlukan perencanaan yang efektif melalui manajemen produksi media yang dilakukan produser. Produser dalam melakukan manajemen produksi juga menerapkan teknik komunikasi dalam penyampaian pesan kepada berbagai pihak. Penulisan ini bertujuan untuk menjelaskan manajemen produksi media dan teknik komunikasi produser pada produksi iklan layanan masyarakat LAPIS BOGOR dan LAKSA PEDAS di Pengadilan Negeri Kota Bogor. Lokasi pelaksanaan bertempat di Pengadilan Negeri Kota Bogor, Jl. Pengadilan Negeri Bogor No.10 Pabaton, Bogor Tengah, Kota Bogor, Jawa Barat. Manajemen produksi media oleh produser pada produksi iklan layanan masyarakat di Pengadilan Negeri Kota Bogor meliputi manajemen POAC yaitu Planning (perencanaan), Organizing (pengorganisasian), Actuating (pengarahan), dan Controlling (pengawasan) serta teknik komunikasi yang digunakan dalam manajemen produksi meliputi komunikasi informatif, komunikasi persuasif, komunikasi vertikal, dan komunikasi horizontal. Iklan layanan masyarakat ini menginformasikan terkait layanan baru di Pengadilan Negeri Kota Bogor. The production of public service announcements requires effective planning through media production management by producers. Producers in conducting production management also apply communication techniques in delivering messages to various parties. This paper aims to explain media production management and producer communication techniques in the production of LAPIS BOGOR and LAKSA PEDAS public service advertisements at the Bogor City District Court. The implementation location is at the Bogor City District Court, Court Street No.10, Pabaton, Bogor City, West Java. Media production management by producers in the production of public service advertisements at the Bogor City District Court includes POAC management, namely Planning, Organizing, Actuating, and Controlling. Communication techniques used in production management include informative communication, persuasive communication, vertical communication, and horizontal communication. This public service advertisement informs about new services at the Bogor City District Court.