Proses Penulisan Naskah Iklan Ramadhan dan Idul Fitri di PT Pembangunan Perumahan Tbk dengan Teknik Digital Storytelling
Abstract
PT Pembangunan Perumahan Tbk merupakan Badan Usaha Milik Negara
(BUMN) di bidang konstruksi dan investasi, yang menyadari kebutuhan untuk
mempertahankan citra positif perusahaan melalui pembuatan iklan yang kreatif dan
inovatif. Proses penulisan naskah iklan ini menggunakan teknik branding
storytelling. Proyek akhir ini bertujuan untuk menjelaskan proses penulisan naskah
iklan dan penerapan teknik digital storytelling pada iklan Ramadhan dan Idul Fitri
di PT Pembangunan Perumahan Tbk. Prosedur proyek akhir ini melalui enam
tahapan yang menghasilkan luaran berupa naskah dan dua video iklan dengan
teknik digital storytelling yang diunggah di Instagram @ptpp_id. Proses penulisan
naskah iklan, yakni perencanaan ide atau brainstorming, pembuatan konsep,
pembuatan treatment, dan penulisan naskah. Teknik penulisan naskah iklan dengan
digital storytelling ini terdiri dari tujuh aspek, yaitu point of view, dramatic question,
emotional content, the gift of your voice, soundtrack, economy, dan pacing atau
ritme. Penggunaan teknik penulisan naskah digital storytelling ini bertujuan
menyampaikan masing- masing pesan dari iklan Ramadhan dan Idul Fitri secara
kreatif. PT Pembangunan Perumahan Tbk a state-owned enterprise (BUMN) in the
construction and investment sector, recognizes the need to maintain a positive
corporate image through the creation of creative and innovative advertising. The
scriptwriting process for these advertisements utilizes branding storytelling
techniques. The final project aims to explain the process of writing advertising
scripts and the application of digital storytelling techniques for Ramadan and Eid
al-Fitr advertisements at PT Pembangunan Perumahan Tbk. The final project
procedure involved six stages, resulting in outputs in the form of scripts and two
advertising videos with digital storytelling techniques uploaded to Instagram
@ptpp_id. The process of writing advertising scripts includes brainstorming ideas,
creating concepts, writing treatments, and writing scripts. The scriptwriting
technique for advertising with digital storytelling consists of seven aspects: point
of view, dramatic question, emotional content, the gift of your voice, soundtrack,
economy, and pacing or rhythm. The use of this digital storytelling scriptwriting
technique aims to convey the respective messages of the Ramadan and Eid al-Fitr
advertisements in a creative way.