Penyusunan Rencana Anggaran Biaya (RAB) Menggunakan Fungsi Sederhana Microsoft Excel pada UMKM Q Corner
Abstract
Q Corner merupakan salah satu UMKM yang bergerak di bidang Food and Beverage sejak tahun 2016. Q Corner merupakan unit usaha Koperasi Karyawan PT. Wijaya Karya yang menjadi bagian penting dalam ekosistem bisnis lokal. Q Corner menghadapi tantangan dalam melakukan pengelolaan anggaran dan keuangan yang baik. Tujuan dilakukan penelitian ini untuk mengetahui proses penyusunan RAB yang diterapkan di Q Corner dan membantu mencarikan solusi atas permasalahannya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif dan kuantitatif. Sumber data yang diperoleh dari hasil observasi, wawancara, dokumentasi, dan studi pustaka. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa belum ada format RAB yang digunakan oleh Q Corner dalam mengelola anggarannya, pengelola Q Corner hanya mengandalkan laporan penjualan per bulan. Berdasarkan hal tersebut, peneliti membuat format template RAB dan format template realisasi RAB menggunakan fungsi sederhana Microsoft Excel. Fungsi template tersebut sebagai alat pengendali pengelolaan anggaran guna meningkatkan kinerja keuangan bisnis, mengukur efisiensinya dan dapat dijadikan sebagai pertimbangan pengambilan keputusan oleh pihak yang berkepentingan. Q Corner is one of the UMKM engaged in the Food and Beverage sector since 2016. Q Corner is a business unit of PT. Wijaya Karya Employee Cooperative which is an important part of the local business ecosystem. Q Corner faces challenges in conducting good budget and financial management. The purpose of this research is to find out the RAB preparation process applied at Q Corner and help find solutions to its problems. The methods used in this research are qualitative and quantitative research methods. Sources of data obtained from observations, interviews, documentation, and literature studies. The results of the study show that there is no RAB format used by Q Corner in managing its budget, Q Corner managers only rely on sales reports per month. Based on this, the researcher created a RAB template format and a RAB realization template format using a simple Microsoft Excel function. The template functions as a budget management control tool to improve business financial performance, measure its efficiency and can be used as a decision-making consideration by interested parties.
Collections
- UT - Accounting [196]