Implementasi Pemasaran Online melalui Marketplace Tokopedia pada Penjualan Produk Organik di Rumah Kayu Permaculture
Abstract
Rumah Kayu Permaculture mengalami kendala operasional pada pemasaran
produk organik yang disebabkan sistem pemasaran tidak terintegrasi dalam satu
aplikasi. Tokopedia menjadi solusi bagi perusahaan untuk meminimalisir kendala
operasional yang terjadi. Tujuan penelitian ini adalah mengimplementasikan
marketplace tokopedia pada penjualan produk organik, mengidentifikasi skala
prioritas perbaikan kualitas pelayanan,serta mengukur tingkat kepuasan pelanggan
terhadap pelayanan Tokopedia yang dijalankan perusahaan. Metode yang
digunakan pada penelitian ini adalah metode Plan-Do-Check-Action (PDCA),
Importance Performance Analysis (IPA) dan Customer Satisfaction Index (CSI).
Hasil dari penelitian yaitu perusahaan mampu menerapkan marketplace Tokopedia
dalam penjualan produk organik. Skala prioritas pelayanan yang perlu diperbaiki
oleh perusahaan berada pada Kuadran I yaitu terkait kelengkapan informasi produk
organik, informasi terkait harga dan stok persediaan yang disajikan dan kemampuan
toko dalam memberikan diskon, cashback, dan ongkir gratis. Tingkat kepuasan
pelanggan yang diperoleh sebesar 76,18% dimana termasuk kedalam kategori puas. Rumah Kayu Permaculture experienced operational problems in marketing
organic products due to the marketing system not being integrated in one application.
Tokopedia is a solution for companies to minimize operational constraints that
occur. The purpose of this research is to implement the Tokopedia marketplace on
the sale of organic products, identify the priority scale for improving service quality,
and measure the level of customer satisfaction with Tokopedia services run by the
company. The methods used in this research are the Plan-Do-Check-Action (PDCA)
method, Importance Performance Analysis (IPA) and Customer Satisfaction Index
(CSI). The result of the research is that the company is able to implement the
Tokopedia marketplace in selling organic products. The priority scale of services
that need to be improved by the company is in Quadrant I, namely related to the
completeness of organic product information, information related to prices and stock
inventory presented and the store's ability to provide discounts, cashback, and free
shipping. The level of customer satisfaction obtained is 76.18% which is included in
the satisfied category.