Konsep Copywriter dalam Pembuatan Iklan Brand Zanana Chips Jenis Hard Selling dan Soft Selling
Abstract
Zanana Chips, memanfaatkan dua jenis pendekatan utama iklan: hard selling dan soft selling. Zanana chips menyadari tantangan dalam industri makanan ringan semakin kompleks dengan munculnya perubahan perilaku konsumen. Oleh karena itu, brand Zanana Chips perlu beradaptasi dan menjaga agar brand tetap relevan dipasaran. Tujuan dari makalah ini adalah untuk menjelaskan proses kerja copywriter dalam pembuatan iklan brand Zanana Chips jenis hard selling dan soft selling, serta menguraikan konsep iklan brand Zanana Chips PT Sebar Group yang berlokasi di Jl. Otto Iskandar Dinata (Otista) No. 396, Nyengseret, Kota Bandung, Jawa Barat. Konsep copywriter dalam produksi iklan jenis hard selling diantaranya penggunaan jingle iklan sebagai media informasi iklan, membuat lirik jingle dengan sifat mudah diingat atau memorability, penggunaan konsep alur cerita yang sesuai dengan segmentasi pasar. Konsep copywriter dalam pembuatan jenis soft selling diantaranya menggunakan formula copywriting SSS (Star, Story, Solution), menyesuaikan konsep cerita dengan segmentasi pasar, menempatkan visual produk disela cerita iklan dengan tepat dan membuat makna pesan inspiratif dalam iklan. Zanana Chips, utilizes two main types of advertising approaches: hard selling and soft selling. Zanana chips realizes that the challenges in the snack food industry are increasingly complex with changes in consumer behavior. Therefore, the Zanana Chips brand needs to adapt and keep the brand relevant in the market. The purpose of this paper is to explain the work process of copywriters in creating hard selling and soft selling types of Zanana Chips brand advertisements, as well as explaining the concept of PT Sebar Group