Penyusunan Standar Operasional Prosedur (SOP) Penjualan untuk Meningkatkan Efektivitas dan Efisiensi Penjualan pada Konveksi Sanjaya
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mengevaluasi prosedur
penjualan yang diterapkan di Konveksi Sanjaya, salah satu usaha mikro, kecil, dan
menengah (UMKM) yang belum memiliki panduan kegiatan penjualan. Hal ini
menyebabkan Konveksi Sanjaya mengalami banyak permasalahan dalam
pelaksanaan penjualannya. Hasil analisis tersebut akan dibuatkan standar
operasional prosedur (SOP) penjualan yang terstruktur untuk mempermudah
operasional konveksi. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data adalah
wawancara dengan pemilik dan karyawan konveksi, observasi, dokumentasi serta
studi kepustakaan. Data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan metode
analisis deskriptif. Penelitian ini merekomendasikan Konveksi Sanjaya untuk
segera menerapkan SOP penjualan yang telah dirancang dan uji coba berhasil
meningkatkan efektivitas dan efisiensi operasional penjualan. This research aims to analyze and evaluate the sales procedures
implemented at the Sanjaya convection, one of the micro, small, and medium
enterprises (MSMEs) that does not yet have a sales activity guide. This caused
Sanjaya convection to experience many problems in implementing its sales. The
results of this analysis will create a structured sales standard operating procedure
(SOP) to simplify convection operations. The methods used in collecting data were
interviews with convection owners and employees, observation, documentation and
literature study. The collected data was analyzed using descriptive analysis methods.
This research recommends that Sanjaya convection immediately implement the
sales SOP that has been designed and tested successfully to increase the
effectiveness and efficiency of sales operations.
Collections
- UT - Accounting [196]