Efisiensi Pemasaran Produk Susu Sapi di Barokah Farm Kota Bogor Jawa Barat
Abstract
Barokah Farm merupakan perusahaan sapi perah di Kota Bogor. Perusahaan memiliki permasalahan dalam menetapkan harga jual susu sapi segar karena posisi tawar perusahaan yang rendah sehingga susu sapi segar dijual dengan harga rendah. Hal ini memengaruhi efisiensi pemasaran. Tujuan penelitian ini ialah menganalisis lembaga pemasaran, saluran pemasaran, fungsi-fungsi pemasaran, margin pemasaran, farmer’s share, rasio keuntungan dan biaya, serta tingkat efisiensi pemasaran. Penentuan responden perusahaan berdasarkan metode purposive sampling dan responden lembaga pemasaran yang terlibat berdasarkan metode snowball sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat lima jenis lembaga pemasaran yakni pedagang pengumpul, pedagang pengecer 1, 2, dan 3, serta KPS Bogor. Analisis saluran pemasaran menunjukkan bahwa terdapat sebelas saluran pemasaran. Setiap saluran pemasaran menjalankan fungsi pemasaran berbeda yang mencakup fungsi pertukaran, fungsi fisik, dan fungsi fasilitas. Analisis efisiensi pemasaran menunjukkan bahwa saluran pemasaran 3 ialah saluran pemasaran yang relatif efisien. Skenario efisiensi pemasaran dapat meningkatkan keuntungan perusahaan yang signifikan. Barokah Farm is a dairy cattle company in Bogor City. The company has problems in setting the selling price of fresh cow