Analisis Cyber Public Relation dalam Diseminasi Aksi Indonesia's FOLU Net Sink 2030 di Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan
Abstract
Indonesia Forestry and Other Land Use (FOLU) Net Sink 2030 merupakan
suatu inisiatif untuk mengurangi emisi Gas Rumah Kaca (GRK) dari sektor
kehutanan dan lahan di Indonesia. Tujuan dari program ini adalah sebagai langkah
serius dalam mengatasi permasalahan perubahan iklim. Salah satu komunikasi yang
strategis dan dinilai efektif dalam mendiseminasikan aksi Indonesia FOLU Net Sink
2030 adalah melalui Cyber Public Relation atau biasa disebut Online Public
Relation. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis penerapan Cyber Public
Relation yang dilakukan Biro Hubungan Masyarakat Kementerian Lingkungan
Hidup dan Kehutanan. Penelitian ini dianalisis menggunakan teori Cutlip, Center
&Bloom (2006) mengenai langkah perencanaan cyber public relation dan teori dari
Philips & Young (2009) mengenai empat elemen dasar online public relation yang
harus diperhatikan para praktisi PR. Sehingga dari penelitian ini dapat dihasilkan
sebuah praktik digital public relation yang sesuai dan terukur dari sudut pandang
teori dan realita yang ada. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa penerapan
Cyber Public Relation yang dilakukan Biro Humas KLHK sudah terukur sesuai
dengan teori yang digunakan berdasarkan teori perencanaan cyber public relation
dan implementasi cyber public relation.
Kata Kunci: cyber, diseminasi, FOLU, public relation Indonesia Forestry and Other Land Use (FOLU) Net Sink 2030 is an
initiative to reduce Green House Gas emissions from the forestry and land sectors
in Indonesia. One of the strategic communications that is considered effective in
disseminating the Indonesia FOLU Net Sink 2030 action is Cyber Public Relations
or commonly called Online Public Relations. The aim of this research is to analyze
the implementation of Cyber Public Relations carried out by the Public Relations
Bureau of the Ministry of Environment and Forestry. This research was analyzed
using the theory from Cutlip, Center & Bloom (2006) regarding planning strategy
of cyber public relation and theory from Philips & Young (2009) regarding the four
basic elements of online public relations that PR practitioners must pay attention
to. So that from this research a digital public relations practice can be produced
that is appropriate and measurable from the perspective of existing theory and
reality. The results of this research show that the implementation of Cyber Public
Relations carried out by the MoEF Public Relations Bureau has been measured in
accordance with the theory used based on planning of cyber public relation theory
and implementation of cyber public relation theory.
Keyword: cyber, disemination, FOLU, public relation.