Efektivitas Instagram Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan sebagai Media Penyebaran Informasi
Abstract
Peran humas dalam membangun komunikasi dengan masyarakat ditegaskan dalam Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2008, mengenai keterbukaan informasi publik. Humas dituntut mampu bertindak sebagai penyedia informasi publik dalam upaya publikasi informasi dengan mengikuti ketersesuaian komunikasi yang ada. Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan merupakan salah satu lembaga negara yang memafaatkan Instagram sebagai media penyebaran informasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas konten visual akun instagram @kementerianlhk dan efektivitas instagram sebagai media penyebaran informasi Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, survei, wawancara, dan studi pustaka. Objek penelitian adalah Instagram milik Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan dengan nama pengguna @kementerianlhk. Penelitian ini menggunakan metode sirvei dan pendekatan kuantitatif didukung oleh data kualitatif. Penelitian ini mengunggapkan bahwa Instagram @kementerianlhk menyajikan konten visual yang berkualitas serta penggunaan instagram sebagai media penyebaran informasi sangat efektif. The role of public relations in building communication with the public is emphasized in Law Number 14 of 2008, concerning openness of public information. Public Relations is required to be able to act as a provider of public information in efforts to publish information by following the suitability of existing communications. The Ministry of Environment and Forestry is one of the state institutions that uses Instagram as a medium for disseminating information. This research aims to determine the quality of the visual content of the @kementerianlhk Instagram account and the effectiveness of Instagram as a medium for disseminating information for the Ministry of Environment and Forestry. The data collection techniques used were observation, surveys, interviews and literature studies. The research object is Instagram belonging to the Ministry of Environment and Forestry with the username @kementerianlhk. This research uses a survey method and a quantitative approach supported by qualitative data. This research reveals that Instagram @kementerianlhk presents quality visual content and the use of Instagram as a medium for disseminating information is very effective.