Proses Pengambilan Keputusan Pembelian dan Kepuasan Konsumen WELLGROWN Coffee, Kota Padang
Abstract
WELLGROWN Coffee merupakan salah satu usaha kedai kopi yang ada di
Kota Padang. Banyaknya pesaing yang berada di lokasi, menyebabkan terjadi
persaingan yang tinggi antar kedai kopi tersebut. Cara yang dapat dilakukan
WELLGROWN Coffee untuk mempertahankan konsumennya dengan
memberikan produk serta pelayanan yang terbaik. Tujuan penelitian ini untuk
mengidentifikasi karakteristik konsumen, menganalisis proses keputusan
pembelian konsumen, dan menganalisis tingkat kepuasan konsumen. Jumlah
responden dalam penelitian ini 86 responden. Metode yang digunakan adalah
analisis deskriptif, alat analisis Customer Satisfaction Index (CSI) dan Importance
Performance Analysis (IPA). Hasil perhitungan CSI sebesar 75 persen
menunjukkan secara umum konsumen merasa puas. Kemudian, hasil analisis IPA
menunjukkan atribut aroma minuman kopi, porsi minuman kopi, kejelasan papan
nama, penggunaan sosial media dan iklan, kesopanan dan keramahan pramusaji,
kesigapan pramusaji, penampilan pramusaji, penjelasan pramusaji terhadap menu,
dan kemampuan komunikasi pramusaji menjadi prioritas utama untuk diperbaiki
dan ditingkatkan kinerjanya.
Collections
- UT - Agribusiness [4624]