Pengaruh Metode Sosialisasi dan Kelekatan Teman Sebaya terhadap Kekuatan Karakter Anak Usia Sekolah pada Keluarga Perdesaan
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh metode sosialisasi dan kelekatan teman sebaya terhadap kekuatan karakter anak usia sekolah pada keluarga perdesaan. Penelitian ini menggunakan desain cross sectional study. Pengumpulan datanya dengan teknik wawancara dan menggunakan kuesioner terstruktur. Kerangka contoh penelitian adalah keluarga lengkap yang memiliki anak kelas 4 dan 5 yang bersekolah di dua SD Negeri di Kecamatan Pamijahan, Kabupaten Bogor. Sebanyak 100 keluarga dengan responden ibu dan anak dipilih secara acak proporsional. Hasil menunjukkan bahwa metode sosialisasi sosiokultur dan pendampingan mempunyai rata-rata tertinggi dibandingkan metode sosialisasi lain. Rata-rata tertinggi pada kelekatan teman sebaya ditemukan pada dimensi kepercayaan. Hasil model regresi menunjukkan bahwa hanya usia dan variabel kelekatan dengan teman sebaya yang berpengaruh nyata terhadap kekuatan karakter anak usia sekolah pada keluarga perdesaan.